Ilustrasi susah tidur, Foto: Lifehacker

SURABAYAPAGI.com - Gangguan insomnia bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari gangguan kesehatan hingga punya masalah atau banyak pikiran. Banyak pikiran membuat otak berpikir terus-menerus sehingga tetap aktif bahkan saat sudah waktunya istirahat. Alhasil penggunaan obat tidur menjadi solusi dari keluhan insomnia tersebut. Berikut beberapa cara mengatasi gangguan tidur tanpa obat-obatan.

1. Matikan Lampu

Buat kamar tidur senyaman mungkin agar dapat segera terlelap. Tidur dalam kondisi lampu menyala akan membuat mata tetap aktif. Jadi agar mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas, pastikan tidur dengan lampu kamar yang dimatikan.

2. Minuman Hangat

Sebelum tidur sebaiknya konsumsi sesuatu yang hangat. Susu hangat atau makan-makanan mengandung trytophan seperti tuna, keju atau kedelai bisa menenangkan tubuh dan membuat tidur lebih berkualitas.

3. Atur Pernafasan

Belajar mengatur napas secara perlahan. Tarik napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Pernapasan yang tenang akan memperlambat detak jantung dan bisa membantu tidur lebih lelap.

4. Jauhi Gadget

Matikan semua gadget sebelum tidur dan jauhkan dari kamar tidur supaya tak tergoda menggunakannya. ds