Cuanki dan Bakso Malang, Foto: JogjaUpdate.com

SURABAYAPAGI.com - Penggemar kuliner pasti sudah pernah mencoba bakso malang dan cuanki. Meski sekilas terlihat sama, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Berikut perbedaan bakso malang dan cuanki mulai dari daerah asal, namun isian, kuah dan penyajiannya.

1. Asal

Seperti namanya bakso malang berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. Biasanya pedagang bakso menjajakan dagangannya dengan gerobak dorong. Sedangkan Cuanki berasal dari Bandung. Istilah cuanki disebut-sebut singkatan dari cari uang jalan kaki. Karena jaman dahulu cuanki dijajakan dengan cara dipikul berjalan kaki.

2. Penyajian

Bakso malang disajikan dalam mangkuk dengan cara menyiramkan kuah ke dalamnya. Sedangkan cuanki disajikan dengan cara direbus dalam kuah terlebih dahulu.

3. Rasa Kuah

Sama-sama menyajikan rasa yang gurih, kuah bakso malang lebih jernih dan ringan di mulut karena berupa bumbu dan air rebusan untuk daging. Kuah cuanki sendiri berwarna kekuningan dan rasanya lebih tajam karena telah diberi penyedap di dalamnya.

4. Isi

Bakso malang biasanya berisi mie kuning, sawi hijau, bakso urat, bakso halus, bakso goreng, siomay kukus, tahu goreng, tahu kukus, kekian, dan pangsit goreng. Sedangkan cuanki berisi bakso halus, siomay goreng, siomay kukus, tahu rebus, dan tahu goreng. rsk