Ilustrasi nyamuk menggigit kulit, Foto: Hindustan Times

SURABAYAPAGI.com - Musim hujan penyakit deman berdarah perlu diwaspadai. Tak hanya menyerang anak-anak, demam berdarah juga menyerang orang dewasa dan lansia. Deman berdarah juga bisa menyebabkan kematian jika tak ditangani dengan baik. Berikut beberapa gejala demam berdarah yang sebaiknya tidak boleh diabaikan.

1. Demam Tinggi

Perbedaan yang kontras antara gejala demam berdarah dengan gejala demam lainnya adalah demam DBD bisa mencapai 40 derajat celcius. Demam pada DBD bisa terjadi selama dua sampai tujuh hari.

2. Nyeri Otot

Rasa sakit kepala biasanya muncul di sekitar dahi, bahkan bisa terasa ke bagian belakang mata. Badan juga terasa pegal-pegal karena nyeri otot-ototnya. Karena itu, tubuh akan terasa menggigil dan selalu berkeringat.

3. Kelelahan

Karena muncul rasa mual dan muntah, maka nafsu makan juga akan menurun. Tentu hal ini menyebabkan tubuh menjadi kelelahan karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah. Tingkat kekebalan tubuh terhadap penyakit juga akan semakin menurun.

4. Ruam

Jika penyakit telah masuk dalam tahap kritis, ruam-ruam merah pada kulit akan muncul. Tapi tanda ini tidak selalu muncul pada setiap pasien. hs