Belasan pelajar dari Daejeo Midle and High School Korea membuat kue putu di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Foto: SP/Arlana

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sebanyak 14 Siswa dan siswi Daejeo Midle and High School, Korea Selatan asik mempelajari kebudayaan dari Indonesia. Para siswa-siswi datang ke Indonesia dalam rangka pertukaran pelajar di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.

Pada kesempatan ini, siswa-siswi dari Daejo mempelajari bagaimana membuat kue putu, dengan dampingi oleh guru dari SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.

"Ini merupakan tahun ke-7 pertukaran pelajar dari Daejo. Rencananya mereka disini selama 8 hari dan akan memoelajari berbagai kebudayaan Indonesia " Ujar Encik, Guru Kesenian SMP Muhammadiyah 5 Surabaya.

Selain membuat Kue Putu nantinya para pelajar ini akan mempelajari berbagai macam kebudayaan Indonesia, seperti : Angklung, Tapak Suci, belajar bahasa indonesia dan lain-lain.

Salah satu guru yang mendampingi dari Korea, Ha Yoon Kyu mengaku sangat senang bisa datang dan mempelajari beragam kebudayaan Indonesia karena ini merupakan pertama kalinya ia datang ke Indonesia.

"Saya sangat senang bisa datang ke Indonesia, karena menurut saya disini orangnya sangat ramah. Para siswa juga sangat enjoy disini, dan saya juga sudah mencoba kue putunya rasanya enak" Ujar Ha Yonn Kyu.

Pada acara pembuatan Kue Putu, para siswa-siswi, mengenakan kain sarung dan belangkon. Salah satu murid dari Daejeo, Oh Jua mengungkapkan " Saya tadi mencoba membuykue putu, sebenarnya rasanya hampir sama dengan kue beras yang ada di Korea" Ujar Jua.

Jua juga mengungkapkan bahwa ini adalah kunjungan pertamanya ke Indonesia, ia merasa sangat senang bisa berkunjung ke Indonesia karena orang disini sangat ramah.

Dengan adanya pertukaran pelajar ini, Encik berharap bisa mengenalkan budaya Indonesia dengan baik kepada siswa dan siswi dari Daejeo.