Bendera China dan Kanada, Foto: The Globe and Mail

SURABAYAPAGI.com - Hubungan Kanada dan China memburuk sejak Ottawa menahan petinggi Huawei Meng Wanzhou di Vancouver pada awal Desember lalu. Hal ini dikarenakan polisi Kanada menangkap kepala keuangan Huawei Technologies Meng Wanzhou atas perintah Amerika Serikat (AS).

Beberapa hari kemudian China mengumumkan penahanan 2 warga negara Kanada. Penahanan tersebut terkait dengan tuduhan telah membahayakan keamanan negara. Keduanya adalah mantan diplomat Michael Kovrig dan konsultan bisnis Michael Spavor.

Hubungan kedua negara semakin buruk hingga akhirnya Kanada merilis travel advisory bagi warganya yang berencana pergi ke China. Peringatan ini muncul setelah seorang pria Kanada dijatuhi hukuman mati atas kasus penyelundupan narkotika.

Pengadilan China menjatuhkan hukuman mati bagi Robert Lloyd Schellenberg setelah menolak banding yang dia ajukan pada Desember 2018. Awalnya Schellenberg dihukum 15 tahun penjara, namun setelah banding, pengadilan justru memperberat hukumannya menjadi vonis mati.

Setelah Kanada, China mengeluarkan travel advisory bagi warganya ke Kanada. Beijing memperingatkan warganya untuk sepenuhnya mengevaluasi risiko dan berhati-hati saat bepergian ke Kanada. sn