SURABAYAPAGI.com, Nusa Dua - Dato Sri Thahir alias Ang Tjoen Ming, Bos Bank Mayapada, seperti pengusaha kurang kerjaan.

Tahir (67 tahun), menantu konglomerat sebesar Dr Mochtar Riady yang perkawinannya dengan putri Bankir mirip Cinderella. Artinya, Tahir yang jadi Cinderella-nya yaitu Tahir memosisikan diri sebagai orang biasa yang bernasib seperti Cinderella.

Kali ini Tahir, yang bukan saudara Rendra Tjahyadi, dan juga bukan teman bisnis, apalagi kenal, cawe-cawe urusan Rendra yang Sabtu ini (1/12/2019) yang menggelar pernikahan Putranya. Sabtu malam, pengusaha sawit asli arek Suroboyo ini di Hotel The Mulia, Nusa Dua, Bali.


Rendra Tjahjadi bersama beberapa kolega, meluruskan berita miring terkait pernikahan anaknya di The Mulia Nusa Dua, Bali, Jumat (30/11/2018).



Sampai luruskan Isu tak Benar
Rendra Tjahyadi, orang tua mempelai dari mempelai pasangan Jusup Maruta Cahyadi dan Clarissa Wang , sampai menggelar jumpa pers setelah gladi resik resepsi di sebuah ruangan hotel Mulia, Nusa Dua, Bali, Jumat sore kemarin (30/11/2018).

Jumpa pers, dengan 23 wartawan, terpaksa dilakukan untuk meluruskan berita-berita di media sosial yang tidak benar alias hoaks.

Mengawali keterangan pers, Rendra, tak bisa menahan tangisnya. “Pernikahan anak saya ini nyaris saya batalkan. Berkat dorongan teman dan keluarga, saya harus tegar demi anak saya. Kok ada ya orang lain mau ngurusi pernikahan anak saya. Apa mereka tidak tahu, kalau pernikahan itu privat saya,” kata Rendra, bernada tanya.

Tanpa Konfirmasi ke Keluarga Manten
Dalam media sosial, Rabu lalu, Dato Thahir, tidak hanya menyayangkan atas pagelaran pernikahan yang dianggap super mewah. Tahir, menyarankan pernikahan mewah seperti dilakukan keluarga Rendra, tidak perlu digelar. Hal ini, menurut Tahir, hanya akan membuat jurang kemiskinan terlihat semakin lebar.

"Pesta besar-besaran, makanan dari 5 benua. Lalu tamu yang VIP semua diabayarain, ini udah gede-gedean, viral di mana-mana. Jadi (infonya) semua tamu dikasih souvenir emas 5 gram, dorprize 5 unit Jaguar," kata Tahir, Jakarta, Rabu lalu (28/11/2018).

Rendra dan keluarganya, tak habis mengerti apa yang diperbuat Tahir. “Sampai Jumat ini, Tahir tak pernah konfirnasi kepada keluarga besar saya. Dan saya sendiri memang tidak kenal Pak Tahir,” jelas Rendra, di hotel Mulia, Nusadua Bali.

Rendra, pengusaha sederhana yang tekun ini di depan 23 wartawan, tak bisa menahan tangisnya. “Pernikahan ini nyaris saya batalkan. Berkat dorongan teman dan keluarga, saya harus tegar demi anak saya. Kok ada komentar hoaks dan gak benar,” kata Rendra, yang sehari-hari berpakaian sederhana, hem lengan pendek dan bercelana hitam.

Rendra menyatakan, biaya pernikahan anaknya tak sampai Rp 10 miliar untuk undang 450 tamu yang diantaranya dari luar negeri. Dan Tak ada door prize 5 jaguar dan souvenir 5 gram emas. Ini hoax,” tandasnya.

Kepedulian terhadap masalah sosial, tetap diperhatikan.”Semua kado dari tamu kami sumbangkan kepada korban bencana alam Lombok, Dongala, Palu dan yayasan yatim piatu di Bali, “ tambah Rendra.

Soal menu yang bernuansa lima benua, Rendra menyatakan mengikuti daftar menu hotel Mulia yang biasa melayani turis dari Australia, Amerika Serikat, Asia dan Afrika.


Jusup Marita Tjahjadi dan Clarissa Wang



Tahir Mantu Lebih Mewah
Seorang tamu resepsi pernikahan anak Rendra Tjahyadi, menilai Thahir, justru yang menggelar pesta pernikahan anaknya lebih mewah dari Rendra. “ Thahir, juga gelar pernikahan di hotel Mulia Jakarta, sampai 3 shift siang, sore dan malam. Lha iya mau apa Thahir ini. Podo tenglange ( chinanya-red), kok bikin komentar Sara..,” kata pria asal kampung Krembangan Surabaya yang juga diundang Rendra. rmc