Cuka sari apel dengan dapat mengikis mineral gigi dalam waktu singkat.

SURABAYAPAGI.com - Selama ini, cuka sari apel dikenal sebagai salah satu bahan dapur yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya ampuh mengatasi permasalahan sakit perut, cuka sari apel juga bisa digunakan sebagai obat jerawat hingga menurunkan berat badan.

Selain memberi manfaat yang luar biasa, tidak banyak yang tahu bahwa cuka sari apel ternyata juga memberi efek negatif untuk kesehatan gigi jika terlalu sering meminumnya. Menurut penelitian dilansir dari Reader’s Digest, cuka sari apel dapat mengikis enamel gigi.

Penelitian menyebutkan cuka sari apel memiliki sifat yang sama dengan minuman atau makanan yang memiliki tingkat keasaman tinggi seperti soft drink atau jus buah. Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa cuka sari apel dengan pH 2,7 sampai 3,9 dapat mengikis 20 persen mineral gigi hanya dalam hitungan jam setelah meminumnya.

Belum diketahui apakah cuka sari ape juga berpengatuh terhadap saliva dalam mulut. Saliva adalah kelenjar yang berfungsi untuk melindungi gigi dari keropos dan karang gigi. Namun yang pasti cuka sari apel tidak ramah terhadap gigi.

Dengan manfaatnya yang sangat besar tentu sayang jika tidak mengonsumsinya. Agar bisa mendapatkan manfaatnya tapi sekaligus tidak membahayakan kesehatan gigi, Jaimi Jansen dari Santacruz CORE Fitness + Rehab di Kalifornia menyarankan untuk mencampurkan cuka sari apel dengan air putih.

Perbandingannya masing-masing yaitu satu untuk cuka sari apel dan 10 untuk air putih. Kemudian, Jansen juga menyarankan agar tetap melakukan kumur-kumur setelah meminumnya. Sehinggga tidak ada sisa-sisa asam yang masih menempel pada gigi.