Kraton Jogja

SURABAYAPAGI.com - Traveling merupakan hal yang menyenangkan, bisa berkunjung dan menikmati berbagai destinasi baru. Namun apa jadinya jika traveling dilakukan sendiraian atau lebih dikenal dengan Solo Traveling?

Bagi sebagian orang kegiatan Solo Traveling merupakan hal yang baru, tak jarang masih banyak diantara kita yang takut untuk melakukannya, entah takut tersesat, tidak nyaman saat perjalanan, maupun berbagai faktor lainnya.

Tapi, ada pula yang justru lebih nyaman melakukan Solo Traveling karena bisa lebih santai dalam meng-explore suatu destinasi.

Yang jelas kunci utama dari Solo Traveling adalah kita sudah memiliki tujuan yang tepat, usahakan memang sesuai dengan minat diri sendiri sehingga saat perjalanan dapat dinikmati dengan suasana yang tenang tanpa ketakutan tentang berbagai hal.

Jogja, merupakan salah satu tempat yang sangat tepat untuk Solo Traveling, kenapa? Karena disini kita bisa menemukan berbagai tujuan destinasi wisata yang tidak akan kita temui ditempat lokasi lain.

Nah, yang ingin mencoba Solo Traveling di Jogja berikut ini ada 5 destinasi di Jogja yang cocok dan tepat untuk mencoba mengulik asiknya kota ini. Dimana sajakah lokasinya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Jl. Malioboro

Malioboro-Yogyakarta Image By IG ilhmnmbr_two
Malioboro-Yogyakarta, Image By IG : @ilhmnmbr_two

Destinasi yang pertama yaitu sepanjang jalan Malioboro, salah satu ikon kota Jogja ini memang menjadi daya tarik untuk para traveler.

Beragam kegiatan bisa dilakukan disini, mulai dari bellanja oleh-oleh, masuk ke pasar tradisional atau sekedar mengabadikan momen lewat lensa kamera.

Yang tak kalah serunya di ujung jalan Malioboro ini terdapat Museum Benteng Vredeburg yang menyimpan berjuta cerita. Dijamin seru dan menyenangkan dengan pengalaman baru yang akan diberikan oleh destinasi ini, tentunya budget yang dikeluarkan akan sangat murah.

Bagaimana tidak untuk menikmati sepanjang jalan malioboro kita hanya perlu membayar parkir, itu jika anda datang dengan kendaraan, namun jika tidak ya free alias gratis.

Jika ingin mencicipi oleh-oleh kuliner dan berbelanja itu sudah beda lagi, namun harga yang ditawarkan masih tergolong murah kok, untuk kuliner antara 15.000 – 25.000 sedangkan oleh-oleh kerajinan mulai dari 10.000 – 100.000 dan untuk tiket masuk museum vredeburg yaitu 3.000 saja.

Nah dengan budget kurang dari 500.000 kita sudah bisa menikmati dan merasakan pengalaman baru.

2. Cari Tau Sejarah Taman Sari

Berlajar Sejarah di Taman Sari Yogyakarta image By IG il_tamma
Berlajar Sejarah di Taman Sari Yogyakarta, image By IG : @il_tamma

Tempat ini merupakan istana air yang dulu merupakan tempat rekreasi untuk keluarga kerajaan dan juga digunakan untuk benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh sri sultan HB 1.

Terdapat beberapa tempat yang wajib banget disambangin saat berrkunjung ke Taman Sari diantaranya Umbul Binangun, Danau buatan, Psarean ledok sari dan Kolam Garjitawati, ada pula Masjid bawah tanah dengan arsitektur yang indah.

Lokasi dari Taman Sari yang berdekatan dengan pusat kota jogja menjadikan tempat ini menjadi favorit untuk para traveler yang ingin mengabadikan momen serta belajar tentang sejarah kerajaan pada zaman dahulu.

Tiket masuk ke Taman Sari ini 5.000 untuk wisatawan lokal dan 7.000 untuk wisatawan manca, jam buka mulai dari 08.00-14.00 WIB.

3. Mempelajari Budaya di Kraton Yogyakarta

Kraton Jogja Image By IG luciasantosoo
Kraton Jogja, Image By IG : @luciasantosoo

Destinasi selanjutnya yaitu keraton yogyakarta, siapa yang tak mengenal tempat kediaman Sultan di Jogja ini, selain menjadi tempat tinggal untuk raja dan keluarga, Kraton Jogja juga dapat dikunjungi oleh para traveler lho.

Tapi ada syarat yang harus dipatuhi yaitu pengunjung harus berpakaian sopan serta tidak boleh bertindak sembarangan.

Selain bangunan yang unik dan megah Kraton Jogja juga menyuguhkan beberapa pemandangan lain seperti aneka koleksi raja dan keluarganya.

Pertunjukan seni dan yang tak kalah serunya disini kita akan disuguhkan dengan suasana dan nuansa khas jawa seperti pada masa kerajaan, dan jika sedang beruntung dan datang di waktu yang tepat kita juga bisa menyaksikan beragam upacara adat yang digelar oleh Kraton Jogja.

Pokoknya seru dan menyenangkan jika mampir ke tempat ini.

Untuk tiket masuk sendiri dibandrol 5.000 untuk wisatawan lokal dan 15.000 untuk wisatawan manca, jam buka mulai dari jam 09.00-14.00 kecuali hari jum’at karena hari jum’at tutup jam 11.000 WIB.

4. Candi Prambanan Yang Penuh Cerita

Candi Prambanan Image By IG pedro_p_a
Candi Prambanan, Image By IG : @pedro_p_a

Candi yang merupakan Candi umat Hindu terbesar di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara serta dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang ini terletak di Kabupaten Sleman Yogjakarta.

Candi ini dibangun pada tahun 850 dan memiliki tinggi 47meter. Banyak yang menyebut nama candi ini dengan nama Roro Jonggrang karena kaitannya denga legenda pada zaman dahulu tentang Bandung Bondowoso yang jatuh cinta pada putri cantik bernama rara jonggrang.

Cerita ini merupakan cerita yang menarik, karena banyak sekali yang datang berkunjung untuk mengetahui bagaimana cerita ini terjadi.

Struktur candi Prambanan sendiri menggambarkan kepecayaan dalam Agama Hindu yaitu Trimurti, terdapat pula relief yang menghiasi dinding candi ini, relief tersebut menggambarkan kisah Ramayana, jika kita berkunjung saat yang tepat kita juga bisa menyaksikan pentas Sendratari ramayana di halaman Candi yang megah ini.

Untuk sampai disini bisa menggunakan transportasi Transjogja dengan biaya 3.000-4.000 saja.

5. Taman Wisata Kaliurang

Festival Of light Kaliurang Image By IG mrsekaristi
Festival Of light Kaliurang, Image By IG : @mrsekaristi

Bagi Solo Traveler yang ingin menikmati pemandangan alam, destinasi ini merupakan pilihan yang tepat.

Terletak di Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman, Taman Wisata Kaliurang menyuguhkan beragam pemandangan alam yang sejuk dan khas pedesaan.

Tempat yang memiiki suasan tenang dan pemandangan yang indah ini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai, selain itu di area Taman Wisata Kaliurang ada Air terjun dan juga Goa yang tak kalah menarik, suasana alam sangat terasa disini karena masih banyak sekali satwa seperti burung hingga kera.

Jika sudah lelah berkeiling silakan coba aneka jajanan khas dari Kaliurang seperti Jadah dan Tempe, Makanan khas ini memiliki rasa sangat nikmat lho, dan pasti akan kangen untuk menikmatinya saat sudah beranjak dari tempat ini.

Taman Wisata Kaliurang berlokasi sekitar 28 km dari pusat Kota Jogja dan dapat ditempuh dengan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4.

Selain itu pada saat tertentu juga diadakan event seperti Festival Of Light di Kaliurang. Tiket masuknya pun murah cukup dengan merogokh kocek sekitar 5.000 rupiah, kita bisa menikmati sejuknya alam Kaliurang, Yogyakarta.

Nah bagi yang tertarik untuk mengunjungi beragam destinasi diatas mimin kasih bonus nih tempat menginap yang murah meriah dan dekat dengan destinasi tersebut salah satunya ada di Jalan Prawirotaman, Jalan Dagen atau di Jalan Sosrowijayan, disini harganya variatif mulai dari 50.000 – 200.000,-.

Jadi tunggu apa lagi, jika ingin Solo Traveling, Jogja bisa jadi tujuan utama, selain sangat banyak destinasi yang bisa dikunjungi, estimasi biayanya juga sangat ringan.