Pulau Gili Lawa Usai Terbakar

SURABAYAPAGI.com - Lantaran adanya kebakaran yang terjadi di Padang Savana, Pulau Gili Lawa Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, kini untuk sementara lokasi kebakaran ditutup dan tidak bisa dikunjungi wisatawan.

"Kapolres Manggarai Barat telah berkoordinasi dengan pihak Balai Taman Nasional Komodo untuk menutup sementara lokasi kebakaran di Gili Lawa," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTT, Komisaris Besar Polisi Jules Abraham saat dikonfirmasi, Jumat 3 Agustus 2018.

Ia menjelaskan, Gili Lawa adalah pulau kecil di depan Pulau Komodo yang biasanya suka dipakai wisatawan tracking sambil melihat sunset. Penanganan kasus awalnya hendak ditangani PPNS dari Balai Taman Nasional Komodo.

"Namun, karena PPNS-nya sedang ada tugas keluar daerah, sehingga penanganan dilakukan oleh penyidik Polres Manggarai Barat," ucapnya.

Pulau Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, mengalami kebakaran pada Rabu 1 Agustus 2018. Dilaporkan, api mulai muncul pada pukul 18.15 WIT dan padam sekitar pukul 03.15 WIT.