SURABAYAPAGI.com - Ada banyak masalah kulit yang dihadapi wanita setiap hari. Pori-pori wajah membesar adalah masalah yang paling umum,

Jika pori-pori wajah anda tergolong besar, tak usah khawatir. Sebab, ada beberapa bahan alami yang mudah ditemukan untuk mengobati pori-pori besar di wajah.

Mentimun

Kandungan silika yang tinggi dalam sayuran ini bisa membantu mengencangkan pori-pori besar dan membuat kulit tampak lebih muda. Yang perlu dilakukan, dilansir dari Times of India, Kamis (2/8), adalah campur dua sendok makan jus mentimun dengan satu sendok makan jus lemon untuk masker.

Aplikasikan campuran mentimun dan lemon ke wajah dengan bola kapas. Biarkan mengering dan cuci muka dengan air dingin sesudahnya.

Kulit pisang

Kulit pisang mengandung lutein yang berfungsi sebagai antioksidan. Ambil kulit pisang dan gosokkan pada kulit anda dengan gerakan melingkar selama 15 menit dan kemudian cuci muka dengan air dingin.

Kunyit

Salah satu bumbu dapur ini memiliki manfaat mengurangi peradangan kulit karena mampu membunuh bakteri yang tumbuh di pori-pori. Kunyit juga mengurangi pembengkakan di sekitar pori-pori.

Ambil satu sendok teh bubuk kunyit dan campurkan beberapa tetes air sampai menjadi pasta. Oleskan pasta itu ke kulit dan biarkan selama sepuluh menit. Cuci dengan air dingin sesudahnya.

Oat dan susu

Biasanya campuran oat dan susu diperuntukkan untuk sarapan pagi. Tapi, oat ternyata mampu menyerap kotoran dan minyak yang menghalangi pori-pori. Untuk mengurangi pori-pori membesar, campurkan dua sendok makan oat dengan satu sendok makan susu.

Aplikasikan campuran itu ke kulit wajah dan biarkan mengering. Jika sudah, mulailah menggosok wajah selama beberapa menit. Cuci dengan air dingin setelahnya.