Rendering belakang Suzuki Ertiga terbaru.

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Suzuki Indonesia resmi meluncurkan versi baru dari Ertiga di pameran Indonesia International Motor Show, Kamis 19 April 2018. Generasi kedua dari mobil keluarga tersebut mendapat banyak ubahan.

Tak hanya dari eksterior, interior dan mesinnya juga baru. Di bagian luar, tampak ada grille dan lampu dengan desain baru. Lampunya sudah menggunakan proyektor yang tetap terang, namun tidak menyilaukan.

Saat masuk ke dalam kabin, tampak layar hiburan berukuran sedang di bagian tengah dasbor. Suzuki juga menyematkan colokan untuk mengecas ponsel di bagian depan dan konsol tengah.

Jika dibandingkan dengan versi lama, Ertiga baru ini dimensinya lebih besar dan panjang. Menurut spesifikasi yang didapatkan VIVA saat peluncuran, mobil ini lebih panjang 110 milimeter dan lebar 40 mm.

Jarak poros rodanya tetap 2.740 mm, tapi jarak terendah ke tanah versi baru berkurang 5 mm. Tinggi Ertiga baru bertambah 5 mm.

Soal mesin, keduanya memakai tipe yang berbeda. Ertiga lawas menggunakan mesin dengan kode K14B berkapasitas 1.373 cc, sedangkan versi baru memakai mesin K15B dengan kapasitas 1.462 cc.

Urusan tenaga, tentu model baru lebih besar. Mesin K15B bisa menghasilkan tenaga 104,7 daya kuda dan torsi 138 Newton meter. Sementara, mesin K14B hanya mampu memuntahkan tenaga 95 daya kuda dan torsi 130 Nm.