Rastra Gratis siap Dibagikan Pekan depan di sumenep

SURABAYAPAGI.com, Sumenep - Bantuan sosial berupa beras sejahtera (rastra), segera didistribusikan pada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Sumenep mulai pekan depan.

"Insya Allah mulai Senin depan, rastra sudah mulai didistribusikan. Kami sudah berkoordinasi dengan Bulog, dan pihak Bulog menyatakan stok rastra siap," kata Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Sumenep, Mustangin, Kamis (08/03/2018).

Ia menjelaskan, pihaknya telah mensosialisasikan daftar KPM rastra ke camat-camat dan kepala desa di Sumenep. Daftar KPM dari Kementerian Sosial RI tersebut yang menjadi acuan untuk mendistribusikan rastra secara gratis pada penerima.

"Camat akan menyampaikan pada kami kalau sudah siap untuk mendistribusikan rastra, dan kami akan mengkomunikasikan ke Bulog supaya disiapkan berasnya," ujar Mustangin.

Total penerima bansos rastra di Sumenep sebanyak 128.016 KPM. Masing-masing mendapatkan 10 kg per bulan. "Kalau rastra sebelumnya 15 kg per KPM. Tetapi harus menebus. Kalau sekarang dapat 10 kg tapi gratis," terangnya.

Menurutnya, rastra yang akan didistribusikan merupakan jatah rastra selama 3 bulan, yakni Januari, Februari, dan Maret. Tetapi untuk pendistribusiannya tidak akan dilakukan sekaligus jatah 3 bulan, melainkan bertahap.

"Jadi misalnya pekan pertama jatah bulan Januari yang didistribusikan. Maka jatah yang februari akan didistribusikan pekan kedua, dan jatah Maret akan didistribusikan pekan ketiga," paparnya.

Mustangin menerangkan pembagian pendistribusian rastra secara bertahap itu berkaitan juga dengan stok beras dan armada yang dimiliki bulog untuk mengangkut hingga ke titik distribusi.

"Kalau jatah tiga bulan langsung didistribusikan bersamaan, bisa jadi agak kerepotan soal stok dan armada. Karena itu, pendistribusian dilakukan bertahap," ucapnya. (bj/04)