Mochtar W Oetomo Dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Loh loh loh ! Apa hubungan antara Jaran Goyang dengan Pilgub Jatim 2018, kok sampai jadi judul ?! Terus apanya Jaran yang Goyang ?! Sik sik sik. Bukankah telinga masyarakat Jatim sejak 2017 lalu begitu akrab dengan terma Jaran Goyang? Utamanya ketika Jaran Goyang menjadi judul lagu yang begitu populer sejak dinyanyikan oleh Nella Kharisma, biduan dangdut koplo asal Kediri. Ya ya ya. Telinga masyarakat Jatim mana yang belum pernah mendengar lantunan nada Jaran Goyang. Dan mata masyarakat Jatim mana yang belum pernah melihat gambar si jelita 23th, Nella Kharisma. Jaran Goyang, lagu ciptaan Andi Bedol ini telah melambungkan nama Nella Kharisma se lambung-lambungnya. Videonya di Youtube telah dilihat lebih dari 100 juta pasang mata. Luar biasa !

 

Maka tak heran jika kemudian Saifullah Yusuf atau akrab dipanggil Gus Ipul sampai merekrut Nella Kharisma si Jaran Goyang sebagai salah satu bagian dari strategi pemenangannya dalam kompetisi Pilgub Jatim. Nella bersama Via Vallen biduan dangdut koplo lain yang tak kalah populer, didaulat oleh pasangan Gus Ipul - Puti Guntur untuk menyanyikan jingle Kabeh Sedulur Kabeh Makmur. Mensosialisasikan dan mengkampanyekan Gus Ipul - Puti sebagai paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 - 2023 ke seluruh penjuru faktual dan virtual. Maka, Si Jaran Goyang Nella Kharisma dengan segala pesona suara dan ragawinya menyelusup indah di antara dentuman-dentuman keras kontestasi Pilgub Jatim. Menjadi hiburan tersendiri ditengah rivalitas sengit antara Khofifah - Emil versus Gus Ipul - Puti yang dipandang banyak orang sebagai rivalitas yang menjemukan karena telah berlangsung puluhan tahun. Ya ya ya. Setidaknya Jaran Goyang membuat Pilgub Jatim jadi sedikit bergoyang. Bisa dinikmati rakyat jelata. Meski hanya melalui suara Nella Kharisma.

 

Tapi sesederhana itukah hubungan antara Jaran Goyang dengan Pilgub Jatim? Tenang tenang tenang. Begini lho ceritanya. Sebelum telinga kita akrab dengan terma Jaran Goyang sebagai sebuah lagu dangdut koplo, jauh hari sebenarnya Jarang Goyang telah amat sangat populer sebagai sebuah aji pengasihan atau ilmu pemikat di seluruh antero Tanah Jawa.  Nah nah nah. Bukankah kontestasi pemilihan umum kepala daerah langsung itu sesungguhnya adalah sebuah kontes bagaimana para kandidat berupaya keras untuk memikat hati pemilih agar jatuh hati padanya dan pada akhirnya memilih di hari - H pencoblosan. Tak terkecuali dengan kontestasi Pilgub Jatim 2018 sesungguhnya adalah sebuah kontes Jaran Goyang. Sebuah kontes tentang bagaimana kedua paslon, baik Khofifah - Emil maupun Gus Ipul - Puti dengan berbagai ajian dan jurus berupaya mendapatkan hati pemilih. Skema strategi pemenangan yang disusun dan dijalankan oleh masing-masing paslon sesungguhnya adalah sebuah skema Jaran Goyang, yakni bagaimana membuat pemilih jatuh hati. Ya ya ya. Strategi pemenangan itu sesungguhnya adalah ajian Jarang Goyang.