Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat bersih-bersih sampah di bawah Jembatan Suramadu Minggu (24/2) pagi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Wali Kota Tri Rismaharini terlihat hampir pingsan saat bersih- bersih sampah di bawah kaki Jembatan Suramadu. Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Meskipun masih pagi, kondisi pantai di bawah Jembatan Suramadu memang cukup terik. Hingga Risma terlihat sangat berkeringat dan beberapa kali mengusap bagian wajahnya.

Sekitar pukul 07.30 WIB kemudian Risma terlihat hampir terjatuh. Namun sebelum itu dia terlihat memeluk Kabag Umum dan Protokoler Wiwik.

Melihat peristiwa tersebut Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser lantas spontan meminta warga untuk memberikan ruang. Selain itu dia juga meminta sopir pribadi wali kota untuk segera merapat.

Saat dibopong menuju ke dalam mobil, Risma tampak tidak kuat berjalan. Bahkan, saat di dalam mobil Risma terus memejamkan kedua matanya dengan posisi bersandar di kursi tengah.

Sementara itu dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini pemkot menggalakkan program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS). Dengan Tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah!”.

Beberapa rangkaian kegiatan sosialisasi dan bersih-bersih sampah di Kota Surabaya telah dilaksanakan di beberapa tempat. Untuk puncaknya, dilaksanakan Minggu (24/2)  dengan melibatkan sekitar 11.000 orang.

Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Chalid Buhari menyampaikan acara puncak HPSN tahun 2018 nanti diikuti sekitar 11.000 orang dari berbagai jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Faskel, Lantamal, PDAM, BNI, Bank Jatim, Korem, dan beberapa sekolah di Surabaya.

“Sampah-sampah itu akan kita pilah dan akan kita serahkan ke Bank Sampah untuk diolah kembali,” ujarnya.