Porto vs Liverpool: Duel Panas di Estadio do Dragao

 

Henderson, sang kapten Liverpool


SURABAYAPAGI.com, Portugal - Apa yang paling menarik dari pertandingan sepak bola? Kami yakin akan ada banyak jawaban terkait pertanyaan di atas. Kami juga yakin jika hujan gol merupakan salah satu jawabannya.
 
Laga FC Porto kontra Liverpool pada leg pertama babak 16 besar di Estadio do Dragao, Kamis (15/2/18) 02:45 dini hari WIB, diprediksi akan menyuguhkan banyak gol. Bukan tanpa alasan kami mengatakan demikian, sebab keduanya memiliki catatan produktivitas yang mentereng.
 
 
Lini depan Liverpool jauh lebih kondang dibanding sektor lain yang mereka miliki. Total 23 gol yang dibuatnya selama fase grup mengantarkan mereka sebagai klub terproduktif kedua di bawah Paris Saint Germain. Kuantitas gol mereka di ajang Premier League juga tak jauh berbeda, rata-rata 2,3 gol dibuat dalam tiap pertandingan.
 
 
 
Untuk Porto, 15 gol sukses mereka bukukan di babak penyisihan --terbanyak kelima di antara kontestan lainnya. Sedangkan rata-rata 2,5 gol berhasil dicetak tim besutan Sergio Conceicao itu di ajang liga.
 
 
Jika menilik kecepatan dalam menyerang, Liverpool yang digawangi Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane masih lebih unggul dibanding Porto yang cenderung menggunakan kekuatan fisik di lini depan. Untuk melakukan penetrasi, juara Liga Champions edisi 2003/2004 itu mengandalkan manuver Yacine Brahimi dan bantuan Alex Telles.
 
 
Di sisi lain, Porto juga cukup efektif dalam mengandalkan set-piece. Total 7 gol berawal dari situasi bola mati. Nah, barisan pertahanan The Reds nyatanya kesulitan dalam menanggulangi trik tersebut. Sudah sembilan kali Liverpool kebobolan dari situasi bola mati di ajang Liga Champions dan Premier League.
 
 
Jika sama-sama produktif, maka barisan pertahanan akan memainkan peranan penting di sini. Dalam hal ini, Liverpool lebih unggul. Mereka cuma kebobolan enam kali, sedangkan Porto empat gol lebih banyak.
 
 
Baik Porto maupun Liverpool sama-sama rajin dalam mencetak gol ke gawang lawan. Akan tetapi, tim tuan rumah terkendala akan cedera pemain pilar yang kemungkinan besar bakal memengaruihi performa mereka. Di samping itu Liverpool juga diunggulkan karena tak pernah kalah dari empat perjumpaan teranyar di ajang Liga Champions dan Liga Europa kontra Porto, dengan rincian dua kemenangan dan dua kali imbang.
 
 



Komentar Anda



Berita Terkait