Richie Benson mengatakan, ikan mati ini mulai mengeluarkan bau-bauan tak sedap. (Facebook: Richie Benson)

SURABAYAPAGI.com, Sydney - Ratusan ikan mati ditemukan di Laguna (danau pinggir laut) Bushells di bagian barat laut Sydney. Hal ini membuat Dewan Kota Hawkesbury menyelidiki penyebabnya.

Richie Benson dari Jaringan Lingkungan Hawkesbury (HEN) telah memantau laguna di Wilberforce, dekat Windsor, itu dan terkejut menemukan ratusan ikan mas dan belut mati di sana awal pekan ini.

Keprihatinannya dimulai pada akhir Desember ketika muncul laporan adanya pelikan yang mati di Laguna Deep, sekitar setengah jam di sebelah utara Windsor, dan kemudian di Laguna Bushells, yang sangat rendah.

"Pada hari Minggu saya pergi ke sana untuk melihat-lihat Laguna Bushells dan nampaknya setiap ikan mas dan belut di laguna itu telah mati," kata Benson.

"Saya belum melihat ada yang hidup - ikan ataupun belut."

"Baunya sangat parah, busuk, itu akan membuat air benar-benar beracun dalam beberapa hari ke depan terutama setelah hari ini, [40 derajat Celcius]."

HEN mengatakan bahwa pihaknya meminta dewan tersebut untuk mengembangkan rencana pengelolaan air untuk membantu melestarikan nilai alami laguna.

Pada Selasa (13/2/2018) malam, dewan kota tersebut menerima sebuah mosi dari anggota dewan asal Partai Hijau, Danielle Wheeler, untuk segera menghubungi Otoritas Perlindungan Lingkungan New South Wales (NSW) tentang penyelidikan kematian burung air, kura-kura, belut dan ikan di Laguna Hawkesbury River, yang mencakup Laguna Bushells.

Mosi tersebut mengatakan bahwa dewan kota akan menyusun laporan tentang bagaimana mengelola laguna dan lahan basah di daerah tersebut dengan lebih baik, mengembangkan rencana pengelolaan air dan melaksanakan program pengangkatan dan penghijauan gulma dengan kelompok perawatan lahan serta organisasi Wetland Warriors (pejuang lahan basah).

Belum ada penjelasan resmi mengapa ikan-ikan di sana mati, namun Benson mengatakan bahwa ia menduga itu terjadi akibat kombinasi antara cuaca panas dan tingkat air yang rendah di laguna.

Pelikan mati ditemukan di sekitar Laguna Bushells dan akan menjadi bagian dari penyelidikan dewan kota.
Pelikan mati ditemukan di sekitar Laguna Bushells dan akan menjadi bagian dari penyelidikan dewan kota. (Facebook: Richie Benson)

 

Benson mengatakan, meski pengeringan di laguna merupakan bagian dari siklus alami, hal itu dipercepat oleh endapan lumpur di bagian bawah.

Saat ia mengukur suhu air minggu lalu, suhunya mencapai 34C.

"Laguna ini terisi oleh sedimen dengan cukup cepat, dan karena itu mulai dangkal," katanya.

"Airnya memanas lebih cepat, lalu kita kehilangan oksigen yang larut di dalam air."

"Pada saat itu ada belut yang masih hidup, beberapa yang berukuran lebih kecil."

"Belut benar-benar keluar dari air dan berbaring di atas lumpur untuk mendapatkan udara, tapi akhirnya mengering dan sekarat."

Beberapa kura-kura mati juga ditemukan di sekitar laguna.
Beberapa kura-kura mati juga ditemukan di sekitar laguna. (Facebook: Richie Benson)

 

Wheeler mengatakan bahwa ia akan mendorong organisasi terkait untuk memastikan properti di sekitar laguna mematuhi peraturan.

"Para petani masih memompa dari Laguna Bushells, bahkan jika airnya serendah itu, jadi kami butuh [Dinas Perairan NSW] untuk memeriksa bahwa persyaratan lisensi tersebut dipatuhi dan bahwa masyarakat tidak mengambil air secara ilegal," katanya.

Laguna Bushells, di Wilberforce -barat laut Sydney, memiliki tingkat air yang sangat rendah.
Laguna Bushells, di Wilberforce -barat laut Sydney, memiliki tingkat air yang sangat rendah. (Facebook: Richie Benson)

"Kami juga membutuhkan agar masyarakat yang mengambil air untuk diberitahu bahwa airnya sekarang kemungkinan besar terkontaminasi, jadi kami melihat beberapa tanaman cyanobacterial."

"DPI, Dinas Perairan NSW perlu disadarkan akan hal itu sebagai masalah yang mendesak dan kita perlu menghubungi siapa saja yang menggunakan salah satu badan air yang sekarang terkontaminasi."

Richie Benson mengatakan, ia tak melihat ikan hidup di Laguna Bushells.
RichieBenson mengatakan, ia tak melihat ikan hidup diLagunaBushells. (Facebook:RichieBenson)

(dtk/cr)