Banana walnut

SURABAYAPAGI.com - Selain diabetes, biasanya tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi penyakit yang diderita oleh banyak orang. Lintas usia dan lintas gender.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana kekuatan darah menempel pada dinding arteri terlalu tinggi. Darah ini mendorong dinding pembuluh darah, meningkatkan beban kerja jantung, hingga kemungkinan juga mengakibatkan stroke.

Kisaran normal tekanan darah adalah 120/90. Jika seseorang memiliki tekanan darah secara konsisten ada di titik 140 di atas 90, atau lebih tinggi dalam kurun waktu selama beberapa minggu, maka bisa disebutkan orang tersebut memiliki tekanan darah tinggi.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk bisa membantu mengelola tekanan darah dengan lebih baik, ialah dengan memperhatikan pola diet. Entah itu mengurangi asupan garam ataupun lemak olahan. Lalu, apakah ini artinya orang dengan tekanan darah tinggi tidak bisa mengemil seperti orang normal lainnya?

Tenang, orang dengan tekanan darah tinggi pun tetap bisa menyantap camilan kok! Dengan catatan, camilan yang dimakan adalah camilan sehat, bukan sembarang camilan. Disebutkan, menurut ahli gizi dan gizi Macrobiotic, Shilpa Arora, mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium dan magnesium sangat penting bagi penderita tekanan darah tinggi. Lalu apa saja contoh camilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi? Ini dia ulasannya.

1. Bubur pisang dan almond

Siapa bilang makanan sehat itu harus membosankan? Makanan sehat juga bisa menarik, salah satunya bubur pisang dengan kacang almond tanpa telur, yang hadir dengan kandungan potassium tinggi dan rendah akan natrium, yang disebutkan dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami.

2. Vegan balls

Camilan ukuran sekali lahap ini disebutkan bisa jadi salah satu camilan yang dapat meningkatkan energi secara cepat. Vegan balls ini sendiri terbuat dari buah kurma, kacang mete, dan kelapa. Enak sekaligus bernutrisi bukan?

3. Pisang dan walnut

Camilan tidak melulu harus berwujud makanan loh! Bisa juga dibuat sebagai minuman, salah satunya minuman yoghurt yang dicampur dengan pisang, madu lezat, serta pisang kenari ini. Sehat namun tetap enak untuk dikonsumsi.

4. Biskuit gandum

Ketimbang menyantap keripik kentang yang penuh lemak dan kolesterol, kenapa tidak beralih ke pilihan alternatif yang lebih sehat seperti biskuit gandum? Jika bosan disantap polos, biskuit gandum ini bisa dicocol dengan saus zesty, yakni saus cocolan yang bertekstur seperti krim.

5. Sup campuran kelapa dan buah bit

Sup yang creamy dan kaya rasa ini tidak hanya menarik secara visual, namun juga sehat tentunya. Buah bit sendiri diketahui dapat mengendurkan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah. Selain bergizi, sup ini juga mudah dibuat karena tidak memakan waktu yang lama untuk dipersiapkan. (oz/cr)