SURABAYA PAGI, Gresik - Mewariskan hal yang positif dan termasuk lingkungan yang sehat bagi masa depan anak cucu menjadi impian semua pihak. Tak terkecuali pihak PT Pertamina Lubricants Unit Produksi Gresik.

Karena itu, perusahaan ini kini membuktikan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat sekitar perusahaan.

Usaha yang digeluti harus seirama dengan lingkungan masyarakat sekitar untuk memberikan efek positif dan tidak melulu hanya berbicara keuntungan. Pasalnya, bagaimanapun juga bahwa kepentingan bisnis jangka panjang dicapai tidak hanya melalui pertumbuhan dan laba. Namun juga sejalan dengan kesejahteraan masyarakat, kelestarian lingkungan hidup dan perbaikan kualitas hidup.

Berangkat dari itulah, perusahaan tersebut menyadari pelaksanaan kegiatan corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan bukan hanya sebagai kewajiban yang tertuang dalam UU Perseroan Tahun 2007, tetapi juga kebutuhan sebagai manifestasi dalam etika bisnis.

Desa Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Jawa Timur yang dikenal sebagai kampung kumuh. Sehari-harinya diselimuti debu pekat akibat kondisi jalan yang rusak parah. Kini mulai berubah. Kawasan kumuh yang dulu dikenal luas, kini menjadi kawasan wisata kampung markisa.

Meski daerah ini tidak memiliki lahan perkebunan khusus, namun bisa disulap menjadi kebun markisa. Setiap lahan pekarangan rumah warga dimanfaatkan untuk tanaman satu ini melalui pot.

Selasa (13/2/2018), Surabaya Pagi mencoba menyusuri kampung ini, untuk melihat langsung tanaman markisa yang kerap digaungkan perusahaan plat merah itu. Hasilnya, waow. Sepanjang jalan puluhan pot berjejer dengan tanaman markisa.

Bahkan, tanaman ini kini mulai berbuah. Diprediksi, tanaman ini ini tak lama lagi bisa dipanen oleh warga. Markisa adalah buah yang bisa diolah menjadi minuman sirup. Namanya sirup markisa.

"Alhamdulillah, sudah mulai berbuah. Nanti kalau panen akan diolah menjadi sirup markisa," ujar warga setempat. Mis

Keterangan Ft.2

Tanaman markisa Pulopancikan menjadi pemandangan menarik untuk dikunjungi. (Ft. MIS/SP)