Ilustrasi

SURABAYAPAGI.com - Orang terkaya dan sukses memiliki bakat untuk dibayar melakukan apa yang mereka sukai. Tidak mengherankan, gairah terdepan di kalangan orang kaya dan orang sukses adalah bisnis.

Menurut firma riset Wealth-X, yang mengumpulkan 30 orang sukses, didapatkan disaat senggang, umumnya mereka memakainya dengan memikirkan bisnisnya. Yah bukan bersenang-senang.

Sebagai jutawan dan penulis Steve Siebold menulis di "How Rich People Think," orang kaya tidak hanya berfokus pada penghasilan, tapi mereka juga fokus pada aktivitas menghasilkan uang yang mereka nikmati:

"Mereka cinta pada real estat, ber gairah pada lukisan indah menjadi seni investasi, atau bakat untuk membeli dan menjual saham," tulisnya.

Dengan melakukannya, mereka menghasilkan uang saat mereka bekerja dan sambil menikmati hobi.

"Bagi orang lain, sepertinya orang kaya bekerja setiap saat, tapi salah satu strategi paling cerdas dari kelas dunia adalah melakukan apa yang mereka sukai dan menemukan cara untuk mendapatkan bayaran untuk itu," tambahnya.

Bila dikelompokkan menurut jenis kelamin, minat utama orang sukses dengan jenis kelamin laki-laki adalah bisnis, diikuti oleh olahraga dan filantropi. Bagi wanita, minat utama adalah filantropi, diikuti oleh bisnis dan seni.

Lantas apa yang sebenarnya dilakukan oleh orang kaya dan sukses di waktu senggangnya, berikut seperti dikutip CNBC.com

1. Berbisnis 56,9 persen

2. Filantropi 38,6 persen

3. Olahraga 33,0 persen

4. Mengatur Keuangan 28,3 persen

5. Fokus pada Pendidikan 17,8 persen

6. Hang out Di luar rumah 17,3 persen

7. Mengikuti acara Public Speaking 15,2 persen

8. Mengulik gadget 14,6 persen

9. Bepergian 14,5 persen

10. Bisnis Real Estate 14,4 persen

11. Memantau Politik 13,9 persen

12. Traveling 13,8 persen

13. Menghabiskan waktu dengan Keluarga 13,2 persen

14. Mengoleksi Seni 9,2 persen

15. Mendengarkan Musik 8,9 persen