Gedung yang miring akibat guncangan gempa di Hualien, Taiwan, Selasa (6/2). (REUTERS/Tyrone Siu)

SURABAYAPAGI.com, Hualien - Gempa berkekuatan 6,4 dengan kedalaman satu kilometer mengguncang kota pesisir Taiwan, Hualien, meruntuhkan sejumlah gedung, Selasa (6/2). Sedikitnya dua orang tewas, ratusan luka-luka dan banyak yang terjebak di antara reruntuhan gedung-gedung yang ambruk.

Sekitar 16 orang terjebak di bawah gedung pemukiman di Hualien, wilayah pariwisata populer di pesisir timur Taiwan.

Lembaga Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa mengguncang tepat menjelang tengah malam waktu setempat. Pusat gempa terletak 22 kilometer timur laut Hualien dengan kedalaman sangat dangkal yakni 1 kilometer.

Beberapa gempa susulan terjadi. Gempa tidak memicu tsunami.

Pemerintah Taiwan mengatakan 214 orang luka-luka. Hualien berpenduduk sekitar 100 ribu orang.

Gempa juga menyebabkan jalanan rusak. "Presiden meminta kabinet dan kementerian terkait mengaktifkan mekanisme bencana dan pemulihan bencana dilakukan secepat mungkin," kata kantor Presiden Taiwan Tsai Ing-wen seperti dilansir Reuters, Rabu (7/2).

Sejumlah gedung yang ambruk akibat gempa adalah Hotel Marshal di Hualien. Dua orang terjebak di bawah reruntuhan.

Situs berita Focus Taiwanmengabarkan 116 orang berhasil dievakuasi dari Hotel Marshal. Lantai dasar hingga ketiga hotel sebelas lantai itu hancur. Dua pegawai hotel di lantai dasar masih hilang.

Empat gedung lain, termasuk dua hotel dan sebuah rumah sakit militer miring akibat gempa.

Pemerintah daerah Hualien melaporkan enam gedung, tiga hotel, sebuah restoran, dua bangunan pemukiman ambruk atau hancur, rumah sakit militer miring. Jembatan Hualien yang menghubungkan Kota Hualien dengan jalan raya di pesisir pantai rusak parah.

Pemerintah daerah mengumumkan sekolah-sekolah dan kantor diliburkan.

Foto: REUTERS/Tyrone Siu
Tim pemadam kebakaran mencari korban selamat dari gedung yang runtuh diguncang gempa Hualien, Taiwan, Selasa (6/2).



"Kami masih buka saat gempa terjadi," kata Lin Ching-wen, pengelola sebuah restoran dekat rumah sakit militer. "Saya meraih istri dan anak-anak saya dan kami keluar sambil berusaha menyelamatkan orang-orang," kata dia.

Pada Minggu, gempa berkekuatan 6,1 mengguncang wilayah dekat Hualien. Taiwan, pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, dan dianggap China sebagai wilayahnya itu rawan gempa.

Lebih dari 100 orang tewas dalam gempa di Taiwan Selatan pada 2016. Gempa berkekuatan 7,6 yang menewaskan lebih dari 2.000 orang pada 1999 masih meninggalkan kerusakan di seluruh Taiwan.