Kasat Binmas Polresta Kediri AKP Kus Sumardi bersama Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri, Titik Susilowati. (SP/CAN)

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Untuk mengantisipasi maraknya kejadian penganiayaan terhadap anak dibawah umur, Dinas Pendidikan Kota Kediri berupaya mewujudkan sekolah ramah anak. Selasa (6/2/2018) sosialisasi dilakukan kepada seluruh kepala sekolah di aula Dinas Pendidikan Kota Kediri bekerjasama dengan kepolisian Polresta Kediri.

Titik Susilowati, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri mengatakan, sosialisasi ini untuk mewujudkan suasana sekolah ramah anak. Menurutnya, sekolah ramah anak akan terwujud jika dilakukan secara sinergi bersama pihak kepolisian.

"Peran pihak Kepolisian memang penting guna memberikan sosialisasi tentang permasalahan hukum dikalangan pelajar. Tujuanya, supaya anak-anak dapat memahami resiko jika terlibat dalam kenakalan remaja," kata Titik.

Menurutnya, sinergi yang dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi dimasing-masing sekolah dan akan dilakukan secara bersama. Karena, dengan hal ini, anak-anak akan mengetahui resiko dan diharaokan tidak terpengaruh dengan hal negatif.

"Harapanya, ada nuansa positif dengan mengedepankan pendidikan karakter terhadap anak. Hingga, mereka lebih tahu mana yang positif dan mana negatif," pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Kasat Binmas Polresta Kediri, AKP Kus Sumardi yang menjadi narasumber. Menurutnya, sosialisasi tentang resiko hukum dan larangan-larangan kenakalan remaja harus terus diberikan ke semua siswa.

"Hal yang paling membahayakan adalah pengaruh gadget atau seperti game online. Sebab hal ini dapat memicu tindakan kriminal. Selain itu, pergaulan bebas akan penyalahgunaan internet. Inilah, yang akan terus kami sosialisasikan," kata perwira Polresta Kediri.

Dia juga menguraikan, sebenarnya sudah terbentuk keberadaan Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) sejak 2015 lalu. Namun, hal ini akan lebih solid kalau ditopang dengan pihak kepolisian yang lebih menonjolkan akan permasalahan hukum.

"Pastinya, sinergi menciptakan Sekolah Ramah Anak di Kota Kediri bisa berjalan maksimal. Hingga, jalinan antara kami (Binmas Polresta Kediri) dan Dinas Pendidikan Kota Kediri bisa mewujudkan Kota Kediri Layak Anak," tandasnya. Can