Kakek umur 71 tahun yang diamankan pihak berwajib karena ketahuan mencuri celana. (SP/FIRMAN)

SURABAYAPAGI.com, Sukomanunggal - Hanya karena ingin bertahan hidup, kakek 71 tahun bernama Biyanto ini mengaku terpaksa mencuri. Kakek yang sudah tak bekerja ini mengambil dua potong celana dengan cara menyaru jadi pembeli.

Kejadian itu terjadi, Sabtu (3/2/2018) malam. Pelaku menyaru jadi pembeli sambil melihat-lihat celana yang hendak dicurinya. Saat korban lengah, pelaku kemudian memasukkan calana itu ke dalam jaketnya.

Kanit Reskrim Polsek Sukomanunggal, AKP Misdianto menuturkan jika pelaku ini diamankan terlebih dahulu oleh korban dan dibawa ke pos satpam dekat dengan lokasi kejadian.

"Kami dapat laporan, pelaku sudah diamankan oleh sekuriti dan korban. Jadi saat pelaku memasukkan celana itu kedalam jaket, diketahui oleh korban, dan langsung diamankan," terang Misdianto, Senin (5/2/2018) siang.

Sementara itu, menurut pengakuan lima cucu itu, ia terpaksa melakukan pencuriannya itu karena butuh uang buat makan. Rencananya celana itu akan dijual dan sang kakek baru sekali melakukan aksinya.

"Demi Allah, saya hanya ingin makan mas. Butuh uang. Saya tidak bekerja dan tinggal sendiri dirumah," aku kakek yang tinggal di jalan Tambak Pring ini.

Meski demikian, Biyanto juga tak bisa memelas pada hukum. Ia tetap akan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan ancaman hukuman lebih dari tiga tahun penjara.fir