Kupang Diguncang Gempa Bumi 5 Skala Richter

 

Ilustrasi.


SURABAYAPAGI.COM, Kupang -  Kabupaten Kupang pagi ini, Sabtu (13/1/2018) sekitar pukul 5.49 Wita diguncang gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5 skala richter. Gempa tersebut berpusat di Laut Sawu.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Hasanudin mengatakan, hasil analisis BMKG menunjukkan, titik pusat gempa berada pada koordinat 10,13 derajat Lintang Selatan dan 122,88 derajat Bujur Timur.

"Pusat gempa di laut pada jarak 52 kilometer arah barat Naekean, Kabupaten Kupang pada kedalaman 68 kilometer," kata Hasanudin.

Berdasarkan gambar pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa guncangan gempa kemungkinan dirasakan di Kupang, Naekean, Rote, Akle, Hansisi, Tenau, dan Baun pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan lemah dan belum berpotensi menimbulkan kerusakan," ujar Hasanudin.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Laut Sawu.

Menurut dia, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu penyesaran mendatar-naik (oblique thrust).

Hingga pukul 06.30 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Kupang dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia. lx/kmp

 



Komentar Anda