YouTuber Logan Paul

SURABAYAPAGI.com - YouTube akhirnya membuat menghapus YouTuber Logan Paul dari program saluran video tersebut. Langkah ini menyusul video kontroversial Paul tentang korban bunuh diri pada akhir tahun lalu. YouTube memutuskan menghentikan beberapa proyek Paul, termasuk proyeknya di YouTube Red.

Dikutip dari laman The Guardian, Kamis 11 Januari 2018, YouTube memutuskan untuk mengeluarkan Paul dari Google Preferred, daftar semua saluran Youtube yang paling populer di setiap negara. Layanan ini juga memudahkan para pengiklan bekerja sama dengan para YouTuber tersebut.

"Akibat kejadian beberapa waktu lalu, kami sudah memutuskan untuk mengeluarkan channel YouTube Logan Paul dari Google Preferred. Selain itu, Logan tidak akan ada di season 4 Foursome dan proyek terbarunya berjudul Originals akan ditunda," kata jurus bicara YouTube dikutip situs Bussines Insider, Kamis 11 Januari 2018.

 

Menurut salah seorang sumber dari Google, Paul masih bisa memakai saluran YouTubenya dan memperoleh pendapatan dari sana. 

Pekan lalu, protes atas video kontroversial Paul muncul. Melalui petisi daring di Change.org, pengguna mempetisi YouTube agar memblokir saluran YouTube Paul. Petisi itu melejit dengan cepat mendapat ratusan ribu dukungan tanda tangan. Per Kamis siang 11 Januari 2018, petisi hapus akun YouTube milik Paul 470 ribu pengguna. 

Pada Selasa 9 Januari 2018, YouTube membuat surat terbuka merespons protes warganet soal video Paul. Dalam surat tersebut, YouTube telah meminta maaf dan belum berani mengambil sikap bagi saluran YouTube Paul.

Satu postingan Rp2 miliar

Awal 2018, YouTuber dan warganet dikejutkan dengan video Paul yang memperlihatkan tubuh seseorang yang korban bunuh diri di Hutan Aokigahara, Jepang. Tak selang lama, video tentang ia melempar bola Pokemon ke sejumlah warga Jepang juga dikritik. 

Paul memulai debutnya sebagai YouTuber sekitar 2016. Saluran YouTuber 22 tahun itu sampai saat ini sudah diikuti 15,6 juta pengikut dan akun Facebooknya diikuti sebanyak 16 juta pengikut. 

Paul hidup sukses diumur yang sangat muda. Dikutip dari laman Independent, Memulai kariernya saat pindah dari Ohio ke Los Angeles saat umur 19 tahun. Ia pindah dengan keyakinan untuk mengejar mimpinya berkarier di dunia hiburan lewat sosial media. Paul mulai debutnya melalui aplikasi berbagi video Vine pada 2014. 

YouTuber  ini mudah dicintai karena sifatnya yang agak bodoh. Pada usianya yang sangat muda, ia juga mampu meraup keuntungan dari iklan yang ia jalankan melalui akun media sosialnya.

Majalah Forbes memperkirakan Paul dibayar US$80.000 atau Rp1,14 miliar per satu iklan di akun Instagramnya dan mendapatkan bayaran US$150.000 atau Rp2, 14 miliar per  postingan di akun Facebook. (viv/cr)