Selebrasi Virgil Van Dijk (tengah) usai mencetak goal kemenangan Liverpool atas Everton dalam ajang babak ketiga Piala FA di Stadion Anfield, Jumat (5/1/2018)

SURABAYAPAGI.COM, Liverpool - Virgil van Dijk menjalani debut bersama Liverpool saat melawan Everton pada babak ketiga Piala FA di Stadion Anfield, Jumat (5/1/2018) atau Sabtu dini hari WIB. Debut Van Dijk di Liverpool itu pun berakhir positif.

Virgil van Dijk mengantarkan Liverpool menang 2-1 pada Derbi Merseyside itu. Dia jualah yang mencetak gol penentu kemenangan The Reds - julukan Liverpool.

Tak heran Juergen Klopp langsung memuji van Dijk setinggi langit setelah laga tersebut.

"Debut van Dijk bak dongeng di tempat yang sudah lama tak mengalami hal tersebut," ujar Klopp seperti dilansir BolaSport.com dari SkySports.com.

"Rasanya cukup spesial baginya menjalani momen seperti ini," kata pelatih berkebangsaan Jerman tersebut.

Menurut Klopp, ia sebetulnya mengalami kesulitan sebelum laga Derbi Merseyside di Piala FA ini. Klopp awalnya berencana untuk tak menurunkan Virgil van Dijk dalam laga ini.

Ia justru berniat untuk tetap mempertahankan duet Dejan Lovren dan Ragnar Klavan. Namun, dua bek andalan Liverpool tersebut sudah terlalu sering bermain dalam beberapa pekan terakhir.

Klopp pun akhirnya menurunkan van Dijk, yang membuahkan hasil manis untuk Liverpool.

"Van Dijk memperlihatkan hal-hal yang ingin kami semua lihat dari dirinya di masa depan," kata Klopp.

"Ia jago di duel udara, sentuhan pertamanya bagus, mampu mengatasi tekanan, dan mampu membawa ancaman di situasi bola mati," ujar mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Virgil van Dijk dibeli Liverpool dengan memecahkan rekor transfer defender. Dia dibeli dari Southampton sebesar 75 juta poundsterling atau lebih dari Rp 1,3 triliun. (kmp)