Selebrasi penyerang Real Madrid, Gareth Bale (kanan), setelah berhasil mencetak gol ke gawang Numancia melalui eksekusi penalti dalam laga leg 1 babak 16 besar Copa del Rey di Nuevo Estadio Los Pajaritos, Soria, Spanyol, pada Kamis (4/1/2018).(AFP/Cesar M

SURABAYAPAGI.com, Madrid - Real Madrid menang telak 3-0 pada laga pertama babak 16 besar Copa del kontra Numancia di Nuevo Estadio Los Pajaritos, Kamis (4/1/2018) atau Jumat dini hari WIB.

Kemenangan besar tersebut berhasil didapat Real Madrid berkat dua eksekusi tendangan penalti dari Gareth Bale (menit ke-35) dan Francisco "Isco" Alarcon (89'), serta sebuah tandukan dari Borja Mayoral (90+1').

Di sepanjang pertandingan, Real Madrid sangat mendominasi jalannya pertandingan dengan memiliki 72 persen penguasaan bola.

Soal peluang, Real Madrid juga lebih unggul dari Numancia dengan melepas 15 tembakan dengan lima di antaranya tepat sasaran. Sedangkan Numancia yang hanya sesekali melakukan serangan juga mampu memiliki sembilan peluang, meski tidak ada satu pun tepat sasaran.

Real Madrid berhasil unggul pada menit ke-35 melalui eksekusi penalti Bale setelah Lucas Vazquez dijatuhkan oleh Carlos Gutierrez di area terlarang.

Bale sukses mengelabuhi pergerakan kiper Numancia, Munir Mohamedi, dan mencetak gol dengan sebuah tendangan ringan. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir. 

 

Pada babak kedua, Real Madrid masih tetap menguasai pertandingan. Apalagi, setelah Numancia bermain dengan 10 orang setelah Pape Diamankan mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-60.

Kendati demikian, Real Madrid baru bisa menambah gol pada menit-menit akhir pertandingan. Tim tamu menggandakan kedudukan pada menit ke-89, juga melalui sebuah eksekusi penalti yang kali ini dilakukan oleh Francisco "Isco" Alarcon. 

Penalti ini juga didapat berkat pelanggaran yang dilakukan pemain bertahan Numancia kepada Lucas Vazquez, sama seperti penalti pertama, tetapi kali ini dilakukan oleh Unai Medina.

Hal itu juga membuat Vazquez menjadi pemain Real Madrid yang paling sering menyumbangkan penalti bagi tim selama pelatih Zinedine Zidane menjabat berkat aksi-aksinya di dalam kotak penalti lawan sebanyak lima kali. 

Pada menit ke-90+1, Real Madrid akhirnya berhasil mencetak gol melalui permainan terbuka setelah umpan lambung Achraf Hakimi berhasil ditanduk oleh Borja Mayoral tanpa mampu diantisipasi oleh Munir.

 

Kemenangan besar ini menjadi modal berharga bagi Real Madrid saat memainkan laga di leg 2 menghadapi Numancia yang akan digelar di Stadion Santiago Bernabeu pada Rabu (10/1/2018). (Verdi Hendrawan) 

Numancia 0-3 Real Madrid (Gareth Bale 35'-pen, Francisco Isco 89'-pen, Borja Mayoral 90+1')

Susunan pemain:

Numancia: 1-Munir Mohamedi, 16-Carlos Gutierrez, 5-Daniel Calvo, 3-Adrian Ripa (14-Luis Valcarce 20' (21-Marc Mateu 46')), 17-Unai Medina, 24-Pape Diamanka, 18-Gregorio Sierra (6-Inigo Perez 63'), 22-Pablo Larrea, 9-Higinio Marin, 12-Pere Milla, 23-Dani Nieto

Pelatih: Jagoba Arrasate

Real Madrid: 13-Kiko Casilla, 6-Nacho Fernandez, 3-Jesus Vallejo, 15-Theo Hernandez, 2-Daniel Carvajal, 20-Marco Asensio (19-Achraf Hakimi 85'), 24-Dani Ceballos (22-Francisco Isco 74'), 18-Marcos Llorente, 21-Borja Mayoral, 11-Gareth Bale (23-Mateo Kovacic 61'), 17-Lucas Vazquez

Pelatih: Zinedine Zidane