Sudirman Said.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Dalam Pilkada Jawa Tengah , Sudirman Said, mengatakan masih mempertimbangkan enam nama untuk dipilih sebagai pendampingnya di Pilkada Jawa Tengah.

Nama pertama adalah Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah Yusuf Chudlori.

Menurut Sudirman, pengasuh Pondok Pesantren Tegalrejo itu merupakan orang baik yang tak memiliki catatan buruk.

Selain itu, ada pula mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang juga masuk dalam daftar calon wakil gubernur pendamping Sudirman.

"Dari Rembang muncul sejumlah nama. Putra KH Maimoen Zubair, Gus Yasin muncul juga. Belakangan ada Gus (Majid) Kamil. Gus (Abdul) Ghofur juga disebut," kata Sudirman di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2018).

Sudirman menambahkan, ada pula kader Golkar yang masuk dalam daftar calon wakil gubernur yang akan maju bersamanya, yakni Arianti Dewi.

Namun, ia masih harus memastikan langkah politik Golkar ke depan dalam Pilkada Jawa Tengah nantinya.

"Semakin hari semakin banyak nama yang muncul. Saya enggak tambah bingung. Kalau semua nama yang muncul iktikadnya sama, semua akan mendukung," lanjut Sudirman.

Berintegritas

Sebelumnya, Sudirman menyampaikan kriteria yang ia harapkan dari calon pendampingnya.

"Harus memiliki integritas yang tinggi, tidak terlibat kasus korupsi, dan tidak akan melakukan korupsi saat menjabat,” ujar Sudirman dalam pesan singkatnya, Senin (1/1/2018).

Selain berintegritas, mantan Direktur PT Pindad ini juga ingin memastikan pendampingnya dapat diterima semua kalangan.

Dengan begitu, basis dukungan untuk pencalonannya dapat semakin lebar.

“Dapat merangkul sebanyak mungkin golongan sehingga dapat memperluas basis massa pendukung,” tambahnya.

Sejauh ini, sambung dia, nama-nama yang tengah dipertimbangkan adalah nama yang mempunyai reputasi yang baik. Nama itu juga muncul dari usulan berbagai kalangan.

“Kami akan terus mendengar masukan dari tokoh-tokoh Jateng untuk mendapatkan figur paling pas dengan konstelasi ke depan,” tambahnya. lx/kmp