Kombes Pol Rudi Setiawan saat memberikan pengarahan kepada Tim Anti Bandit Satreskrim Polrestabes Surabaya. (SP/Timsus Dokumentasi Kapolrestabes Surabaya)  

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sudah sejak 30 Nopember 2017 lalu, Kombes Pol Rudi Setiawan memimpin Polrestabes Surabaya. Keamanan warga Kota Surabaya jelang perayaan Natal dan malam pergantian tahun saat ini ada di pundaknya. Meski dikenal sebagai polisi yang low profil, namun perwira menengah polisi asal Lampung tersebut ternyata memiliki latar belakang jabatan yang cukup moncer sebelum menjadi orang nomor wahid di Polrestabes Surabaya. 

"Basic saya memang reserse," kata Kombes Pol Rudi usai serah terima jabatan, Kamis (30/11/2017) lalu. 

Memang, sebelum terbang ke Surabaya, Alumnus Akademi Kepolisian (AKPOL) 1993 ini tercatat menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumatera Selatan. Bahkan sebelum itu, suami dari Diana Herutami ini, juga menjadi Dirreskrimsus di Polda Lampung. 

Memulai tugasnya di Kota Pahlawan, Kombes Pol Rudi mengusung slogan layani masyarakat, sikat penjahat. Motivasi itulah yang bakal ditanamkan pada anggotanya dalam menjalankan tugas setiap hari. "Kami akan selalu ada untuk masyarakat, dan kami akan berikan yang terbaik. Namun, untuk penjahat, jangan coba-coba 'bermain' di Surabaya," ujar Perwira Polisi yang pernah bertugas di Interpol Mabes Polri ini. 

Lanjut Rudi, pihaknya akan terus memaksimalkan tugas dan kinerja Tim Anti Bandit (TAB) yang sudah terbentuk. Kendati begitu, Rudi meminta dukungan dan peran serta masyarakat dan instansi terkait di Surabaya. "Sebab jika semua elemen yang ada di Kota Surabaya kompak, para penjahat akan berfikir ulang jika mau beraksi disini (Surabaya, red)," tambahnya. 

Ditanya apa program terdekat yang bakal dilakukannya. Kombes Pol Rudi Setiawan menyampaikan bahwa dirinya dan semua punggawa Polrestabes Surabaya akan fokus pada pengamanan perayaan Natal dan malam pergantian tahun mendatang. Hal itu dilakukan pihaknya agar warga Nasrani bisa menjalankan ibadahnya secara lancar dan aman. Kemudian masyarakat yang merayakan tahun baru juga bisa nyaman.