Perwira Polisi Berlatar Belakang Reserse Pernah Mengenyam Pendidikan di FBI

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan

 

Kombes Pol Rudi Setiawan saat memberikan pengarahan kepada Tim Anti Bandit Satreskrim Polrestabes Surabaya. (SP/Timsus Dokumentasi Kapolrestabes Surabaya)  


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sudah sejak 30 Nopember 2017 lalu, Kombes Pol Rudi Setiawan memimpin Polrestabes Surabaya. Keamanan warga Kota Surabaya jelang perayaan Natal dan malam pergantian tahun saat ini ada di pundaknya. Meski dikenal sebagai polisi yang low profil, namun perwira menengah polisi asal Lampung tersebut ternyata memiliki latar belakang jabatan yang cukup moncer sebelum menjadi orang nomor wahid di Polrestabes Surabaya. 

"Basic saya memang reserse," kata Kombes Pol Rudi usai serah terima jabatan, Kamis (30/11/2017) lalu. 

Memang, sebelum terbang ke Surabaya, Alumnus Akademi Kepolisian (AKPOL) 1993 ini tercatat menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumatera Selatan. Bahkan sebelum itu, suami dari Diana Herutami ini, juga menjadi Dirreskrimsus di Polda Lampung. 

Memulai tugasnya di Kota Pahlawan, Kombes Pol Rudi mengusung slogan layani masyarakat, sikat penjahat. Motivasi itulah yang bakal ditanamkan pada anggotanya dalam menjalankan tugas setiap hari. "Kami akan selalu ada untuk masyarakat, dan kami akan berikan yang terbaik. Namun, untuk penjahat, jangan coba-coba 'bermain' di Surabaya," ujar Perwira Polisi yang pernah bertugas di Interpol Mabes Polri ini. 

Lanjut Rudi, pihaknya akan terus memaksimalkan tugas dan kinerja Tim Anti Bandit (TAB) yang sudah terbentuk. Kendati begitu, Rudi meminta dukungan dan peran serta masyarakat dan instansi terkait di Surabaya. "Sebab jika semua elemen yang ada di Kota Surabaya kompak, para penjahat akan berfikir ulang jika mau beraksi disini (Surabaya, red)," tambahnya. 

Ditanya apa program terdekat yang bakal dilakukannya. Kombes Pol Rudi Setiawan menyampaikan bahwa dirinya dan semua punggawa Polrestabes Surabaya akan fokus pada pengamanan perayaan Natal dan malam pergantian tahun mendatang. Hal itu dilakukan pihaknya agar warga Nasrani bisa menjalankan ibadahnya secara lancar dan aman. Kemudian masyarakat yang merayakan tahun baru juga bisa nyaman. 

 



Kombes Pol Rudi Setiawan saat memberikan pengarahan kepada Tim Anti Bandit Satreskrim Polrestabes Surabaya. (SP/Timsus Dokumentasi Kapolrestabes Surabaya)  


Terkait program lainnya, Kombes Pol Rudi mengungkapkan jika dirinya akan meneruskan program-program Kombes Pol M Iqbal. "Semoga masyarakat Surabaya bisa menerima kehadiran saya. Dengan maksimal, saya akan mengupayakan Kota Surabaya yang aman. Tentu akan saya mulai dengan mendekatkan diri kepada semua elemen dan tokoh masyarakat untuk mengajak agar bersama-sama menciptakan Kota Surabaya yang aman dan kondusif," tandasnya. 

Dari catatan Surabayapagi.com, sebelum menjadi Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan memang lebih banyak menjabat di bidang reserse. Selain pernah berdinas di Interpol Mabes Polri, perwira polisi dengan tiga anak ini juga pernah dipercaya pimpinan Polri berdinas di Malaysia bagian Timur (daerah Sabah). Bahkan, Rudi pernah dikirim untuk mengenyam pendidikan di FBI (Federal Bureau of Investigation) atau Biro Investigasi Federal. 

Sebelum menempuh pendidikan di FBI, Kombes Pol Rudi sebelumnya harus mengikuti seleksi ketat dengan beberapa perwira polisi di Indonesia. Dan Rudi merupakan satu-satunya putra Lampung yang mengikuti tes di Polda Jatim dan lolos mewakili Indonesia bersama beberapa negara yang dipilih ke Amerika Serikat, yaitu pada tahun 1998 silam. Pendidikan di FBI memang cukup prestice, sebab tidak semua negara mengikuti pendidikan tersebut. Karena semua tergantung Amerika Serikat. 

Setelah menempuh pendidikan selama empat bulan di FBI, Rudi kembali ke Polda Metro Jaya dan mendapat promosi jabatan menjadi Kasubdit Tipid Indagsi. Di Polda ini pula, Rudi juga pernah bertugas di Jatanras dan menjabat Kasubdit Tipiter.

Jiwa kepempinan Kombes Pol Rudi Setiawan juga sudah terbukti. Sebab, Rudi juga pernah menjadi Kapolres Indramayu dan Kapolres Bekasi Kota. Dan memegang tongkat komando Kapolrestabes Surabaya, Rudi dipercaya menjadi Dirreskrimsus Polda Lampung dan Dirreskrimsus Polda Sumatera Selatan.

Profil Kapolrestabes Surabaya

Nama : Kombespol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH

Lahir di Lampung. 

Isri : Diana Herutami

Anak : 3 Orang

Karir : 

  1. Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1993
  2. Berdinas di Polda Jawa Barat  
  3. Berdinas di Polres Sukabumi
  4. Berdinas di Polres Bogor
  5. Kembali ke Akpol- Danton Taruna (1996-1997)
  6. Berdinas di Jatanras Polda Metro Jaya 
  7. PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian)
  8. Berdinas di Interpol Mabes Polri
  9. Ditugaskan di Malaysia (Perwakilan Polri di Malaysia bagian Timur)
  10. Kanit Dit Reskrim di Polda Jatim
  11. Sespim Polri di Lembang
  12. Kasubdit Tipiter Polda Metro Jaya 
  13. Penugasan Sekolah di FBI (1998)
  14. Kasubdit Tipid Indagsi Polda Metro Jaya
  15. Kapolres Indramayu, Jawa Barat (2010)
  16. Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara (2012)
  17. Asisten Sekretaris Militer
  18. Kapolres Bekasi Kota
  19. Bareskrim
  20. Sespimti (2016)
  21. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung
  22. Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Selatan
  23. Kapolrestabes Surabaya - Sekarang. bkr



Komentar Anda



Berita Terkait