Ada Berbahan Dasar Serangga di Finlandia

 

Ilustrasi


SURABAYAPAGI.com - Salah satu perusahaan makanan terbesar di Finlandia menjual produknya yang diklaim sebagai roti pertama di negaranya yang berbahan serangga.

Kepala Divisi Roti kelompok usaha Frazer, Markus Hellstrom mengatakan, satu balok roti mengandung 70 ekor jangkrik kering yang sudah diubah menjadi bubuk lalu dicampurkan dalam tepung. Demikian dilansir dari laman Independent, Selasa (28/11/2017).

Hellstrom mengatakan, perusahaan produksi roti tersebut sengaja mengembangbiakkan jangkrik.

"Warga Finlandia kerap mencoba hal-hal baru. Menurut keterangan dari kelompok Frazer, roti jangkrik ini begitu enak untuk dikonsumsi," ujar Hellstrom.

Selain kerap mencoba hal baru, sebuah jajak pendapat lain menunjukkan bahwa orang Finlandia punya sikap yang amat positif terhadap serangga.

"Kami membuat adonan yang begitu renyah sehingga enak dimakan. Hasilnya begitu lezat dan punya gizi yang tinggi," kata Juhani Sikabov, Kepala Departemen Inovasi Perusahaan Roti Fazer.

Menurut Sikabov, selain punya rasa yang enak roti tersebut juga diklaim punya gizi yang tinggi sehingga baik bagi tubuh.

"Sirkkaleipe (roti serangga) merupakan sumber protein terbaik dan serangga juga mengandung asam lemak, kalsium, zat besi dan vitamin B-12," ujar Sikabov.

"Manusia memerlukan sumber nutrisi baru dan terbarukan," tambahnya.

Rencananya, roti serangga itu akan mulai dijual di beberapa kota di Finlandia pada Jumat, 1 Desember 2017.

Roti ini baru di jual di beberapa kota saja. Sebab, Fazer punya keterbatasan tepung jangkrik.

Sebenarnya, produk makanan berbasis serangga bukan hal baru di Eropa. Pada September 2017, jaringan supermarket Coop di Swiss mulai menjual burger dan meat ball dari serangga.

Serangga juga dengan mudah dapat ditemui di sejumlah supermarket di Belgia, Inggris, Denmark dan Belanda.



Komentar Anda



Berita Terkait