•   Rabu, 22 Januari 2020
SGML

Tanggul Lumpur Lapindo Jebol adalah Hoaks

( words)


SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo – Kabar yang menginformasikan lumpur Sidoarjo jebol adalah berita hoaks.
“Genangan air di Raya Porong sejak kemarin itu karena luapan dari Sungai Ketapang,” Hengki selaku Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo.
Hengki menambahan bahwa kondisi tanggul lumpur Sidoarjo masih terjaga dengan baik. Dua hari ini petugas mengoperasikan 9 unit pompa di beberapa titik untuk penanganan.
Sebelumnya banyak masyarakat yang resah karena munculnya pemberitaan di aplikasi whatapps yang memberitakan bahwa tanggul lumpur Sidoarjo telah bocor. Padahal berita tersbut merupakan berita bohong.
Hujan yang mengguyur wilayah Sidoarjo memang mengakibatkan banjir di berbagai tempat, seperti banjir yang menggenangi jalur utama kereta api Porong.
“Untuk penanganan banjir ini, Pemprov Jatim juga berkoordinasi dan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) dan Pemkab Sidoarjo," Benny Sampirwanto Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim.
Sejauh ini, banjir di jalur KA utama penghubung Surabaya ke wilayah Timur dan ke arah Malang itu masih tergenang air dengan ketinggian lebih dari 10 sentimeter.

"Ada kecenderungan meningkat karena muka air pada saluran drainase sudah tinggi. Sekarang kereta api sudah stop dan tidak berani melewati kawasan Porong," katanya.
Pemprov Jatim menyiagakan sejumlah staf di lokasi banjir. Sementara itu, koordinasi dengan PT KAI terus dilakukan terutama berkaitan biaya operasional penanganan banjir. lx

Berita Populer