Aktifkan Kartu Kredit, Pertimbangan Beberapa Hal Ini

 

Ilustrasi kartu kredit.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Kartu kredit dianggap cukup membantu bagi sebagian orang, namun sebagian yang lain merasa kerepotan karena tidak tahu cara menggelolanya dengan benar.

Agar tidak dirugikan, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengaktifkan kartu kredit, dikutip dari Swara Tunaiku:

  1. Memengaruhi riwayat keuangan

Anda nasabah yang bersih dari tunggakan meskipun rutin menggunakan kartu kredit, riwayat keuangan Anda di bank akan baik. Sebaliknya, jika pembayaran selalu menunggak bahkan sampai tidak terbayar, akan sulit bagi Anda untuk bertransaksi selanjutnya.

  1. Jenis kartu kredit, “aman” dan “tidak aman”

Kartu kredit terbagi menjadi dua jenis, kartu kredit yang biasa dan “secured”. Pada kartu kredit “secured” sudah ada nominal tertentu yang dijadikan deposito. Sehingga ada jaminan sekiranya nasabah tidak membayar sesuai perjanjian. Sebaiknya yang baru menggunakan kartu kredit memilih jenis ini agar lebih aman.

  1. Keuntungan pemegang kartu

Seringkali kartu kredit menawarkan hadiah voucher belanja atau potongan pada transaksi lainnya. Sebagai pengguna, Anda punya hak untuk mendapat benefit tersebut. Hanya saja tidak semua info diberikan langsung, maka harus rajin membaca promo atau informasi yang biasanya disampaikan via pesan singkat/email.

  1. Berhati-hati dengan bunga

Meminjam uang dari kartu kredit ataupun membeli barang cicilan dengan bunga tertentu akan menambah besar tunggakan tagihan. Oleh karena itu, perhatikan selalu besaran bunga yang ditetapkan tiap transaksi.

  1. Bayar sesuai tagihan

Akan jauh lebih merepotkan di kemudian hari jika anda hanya membayar minimum payment di tagihan setiap bulan. Sementara pengeluaran terus meningkat dan tagihan yang dibayarkan seminim mungkin, maka utang pun akan terus membengkak.

  1. Berbahaya bagi anak muda

Terutama bagi yang masih belum punya penghasilan sendiri, memegang kartu kredit bisa jadi masalah besar. Rutinitas pergi ke tempat hiburan atau pusat perbelanjaan biasanya jadi lokasi yang paling cepat menghamburkan uang dengan kartu kredit.

  1. Biaya tahunan

Sebelum mengisi formulir pengajuan, pastikan anda sudah bertanya tentang biaya tahunan kartu kredit. Biaya ini tidak terlalu besar, tapi akan tetap berpengaruh pada pengeluaran, apalagi kalau memiliki kartu kredit lebih dari satu.

  1. Pembayaran tepat waktu

Selain membayar sesuai tagihan, bukan sesuai minimum payment, sebagai pengguna kartu kredit juga anda harus disiplin untuk membayar setiap bulannya. Hindari penundaan membayar ke bulan-bulan berikutnya karena akhirnya harus tetap dibayar juga.

  1. Perhatikan limit

Pakailah kartu kredit sesuai kebutuhan. Jika tidak ada kebutuhan mendesak yang harus dibeli dengan kartu kredit, maka tidak usah digunakan. Pemakaian ini terkait limit yang dimiliki tiap kartu, tentu tidak harus dihabiskan limit yang ada setiap bulannya.

  1. Sistem pembayaran

Poin terpenting dari pemakaian kartu kredit adalah ketahui sistem pembayaran tagihan, keuntungan, dan konsekuensi dari setiap bentuk transaksi. Pastikan kartu kredit anda bisa bermanfaat dan bukan menambah beban keuangan. lx/lpt



Komentar Anda