Pendaki Gunung Kelud yang Terjebak Berhasil Dievakuasi

 

Tim gabungan evakuasi pendaki yang terjebak di Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, Selasa (7/11/2017).


SURABAYAPAGI.COM, Kediri – Tim gabungan berhasil mengevakuasi serombongan pendaki yang terjebak di kawasan kawasan puncak Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur, Selasa (7/11/2017) pagi.

Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kediri Randi Agata menyampaikan, Selasa sekitar pukul 05.00 WIB, para petugas berhasil membawa para pendaki tersebut menuruni gunung.

Total tujuh pendaki yang dievakuasi yang terdiri dari tiga perempuan dan empat laki-laki. Jumlah ini sekaligus mengklarifikasi kabar sebelumnya yang terdiri dari sembilan pendaki.

"Semuanya dalam keadaan selamat," ujar Randi Agata, Selasa.

Hanya satu dari para pendaki, yaitu seorang pendaki perempuan, terpaksa dievakuasi dengan cara ditandu karena menurunnya kondisi kesehatan. Pendaki ini langsung mendapatkan penanganan kesehatan oleh tim medis yang sudah berjaga di posko kaki Gunung Kelud.

Meski semua pendaki dalam keadaan selamat, belum diketahui pasti kondisi kesehatan mereka karena pemeriksaan masih terus berlangsung. Identitas mereka juga masih dalam pendataan.

"Untuk selanjutnya kami serahkan kepada BPBD Blitar," Randi menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, para pendaki tersebut terjebak di samping Gunung Sumbing yang berlokasi di sebelah selatan kawah Gunung Kelud. Lokasi ini berjarak sekitar tujuh kilometer dari pos pantau Kelud yang ada di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Mayoritas dari mereka berasal dari luar kota dan mengambil start pendakian dari arah Gandusari Kabupaten Blitar pada Senin (6/11/2017) sekitar pukul 09.00 WIB.

Hingga Selasa pukul 01.00 WIB, petugas masih berjibaku menuju lokasi tersebut. Para petugas itu terdiri dari personel Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kediri, serta tim medis. Mereka dipandu warga sekitar.

Saat itu tim menghadapi tantangan lapangan yang cukup sulit untuk bisa menjangkau para korban karena medan yang cukup terjal ditambah dengan gelapnya malam. lx/kmp



Komentar Anda