SI-MOKOS Kodim Ajak Gemar Membaca

 

Seorang prajurit Kodim 0817 memberikan penjelasan kepada petani sesaat sebelum pemutaran film dan baca buku. (Ft. MIS/SP)


SURABAYAPAGI.com, Gresik - Rendahnya minat baca masyarakat dewasa ini, khususnya kalangan generasi muda, rupanya mendapat perhatian serius oleh jajaran TNI AD lingkup Kodam V/Brawijaya.

Bagaimana tidak, inovasi dalam pemberdayaan kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya di tingkat Kodim se Jawa Timur, termasuk Kodim 0817/Gresik melalui Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (SI-MOKOS), rupanya menjadi solusinya. Bisa dibayangkan, inovasi SI-MOKOS ini, ada pemutaran film tentang TNI disertai belajar bersama dengan baca buku, sambil out bound.

Komandan Kodim 0817/Gresik Letkol Kav Widodo Pujianti, SH mengatakan SI-MOKOS tersebut, merupakan gagasan langsung yang dikeluarkan oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M. D. A.

Olehnya itu, SI-Mokos ini dinilai memiliki peran penting dalam memberdayakan masyarakat di daerah yang berada di wilayah tugas Kodam V/Brawijaya.

"Ini inovasi baru. Dalam SI-MOKOS ini bagian dari kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sekaligus mendorong kalangan pelajar untuk gemar membaca sambil bermain," ujar Dandim 0817 Gresik kepada Surabaya Pagi, Senin (6/11).

Kenapa dikatakan ini bagian dari mengajak pelajar gemar membaca, karena dalam Mokos tersebut tersedia banyak sarana edukasi yakni ada film pengetahuan, literasi berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan lapangan. Sekaligus mendekatkan TNI dengan masyarakat.

Dikatakan Dandim 0817, SI-MOKOS ini tidak hanya menyasar sekolah-sekolah. Kalangan petani juga, tak luput dari penayangan film sambil baca literasi yang didalamnya menceritakan tentang pengetahuan pertanian. Selain petani, kalangan generasi muda juga kebagian kegiatan Mokos yang galakkan jajaran prajurit Kodim 0817.

Sementara itu, pantauan di lokasi para petani yg ada di sawah menyambut gembira dengan nonton film dan membaca buku buku yang berbeda dari biasa yang mereka baca.

Seperti yang telah dilaksanakan pada Rabu, 1 November 2017 sosialisasi pertanian di Desa Lasem Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Sosialisasi tersebut, disertai nonton bareng dan baca buku tentang pertanian. Mis



Komentar Anda