Kesenian Barong di HUT ke-72 Provinsi Jawa Timur

 

Ilustrasi Barongan


SURABAYAPAGI.com, Surabaya- Di hari ulang tahun ke-72 Provinsi Jawa Timur Pemprov Jawa Timur mengundang dua ribu barongan dari berbagai kota di provinsi Jawa Timur yang diadakan di Kodam Brawijaya V, Rabu(25/10).

Acara festival Barongan yang diadakan di Kodam Brawijaya V merupakan salah satu festival untuk memeriahkan hari ulang tahun Provinsi Jawa Timur. Berbagai daerah ikut andil untuk memeriahkan festival barong. Kurang lebih jumlah peserta yang mengikuti festival ini berjumlah dua ribu peserta dengan penampilan yang khas dari daerah masing-masing.

Festival barong ini diadakan bukan hanya untuk memeriahkan acara HUT Provinsi Jawa Timur saja namun dengan adaya festival barong ini diharapkan mampu mengangkat kesenian tradisional ini agar masyarakat baik lokal maupun internasional dapat mengenal bahwa Jawa Timur kaya akan kesenian tradisional yang salah satunya adalah kesenian barong. Dengan pengenalan kesenian barong ke masyarakat lewat acara festival ini diharapkan agar kesenian tradisional Jawa Timur ini tidak diklaim oleh negara lain.

Seperti yang diungkapkan oleh Anom Suratno selaku sekretaris panitia HUT Provinsi yang kesehariannya sebagai kepala biro administrasi pemerintahan dan ekonomi daerah, festival ini mengangkat barong sebab kesenian tradisional barong yang terdapat di beberapa daerah belum terangkat sehingga dengan adanya festival barong ini kesenian tradisional barong diharapkan dapat terangkat.

“festival ini mengangkat barong sebab barong merupakan tarian tradisional yang berada di berbagai daerah dan masyarakat belum begitu mengenal kesenian tradisional ini, sehingga dengan adanya festival barong yang diadakan oleh Pemprov Jatim  mampu mengangkat kesenian barong ini,” Ujar Anom.

Selain itu Anom mempunyai sebuah harapan dengan diadakannya festival barong ini kesenian-kesenian daerah mampu bertahan dan dikenal oleh masyarakat sehingga suatu saat banyak orang yang mengangkat kesenian tradisional barong dengan mengundang kesenian ini di berbagai acara.

“Kita berharap kesenian-kesenian daerah itu bisa bertahan kemudian masyarakat mulai paham dengan adanya kesenian ini sehingga suatu saat kesenian ini mendapat undangan untuk mengisi acara-acara,”Ujar Anom selaku sekretaris panitia HUT ke-72 Provinsi Jawa Timur. mfn



Komentar Anda