Pendaftar PPK Pilgub Masih Sepi Peminat

Baru 76 Yang Mengembalikan Formulir

 

Komisioner KPUD Lamongan belakangan harus ngelembur tengah malam untuk verifikasi peserta calon peserta pemilu dari partai politik. FOTO: SP MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Meski pendaftaran  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pilgub 2018 mendatang sudah dibuka sejak 12 Oktober 2017 lalu, namun animo masyarakat Lamongan untuk menjadi panitia penyelenggara di tingkat Kecamatan tersebut relatif masih sepi.
 
Hal itu bisa dilihat dari jumlah berkas formulir pendafataran yang sudah dikembalikan ke KPUD oleh calon PPK, sementara hanya berjumlah 76 formulir, padahal total kebutuhan anggota PPK di kabupaten Lamongan sejumlah 135 orang. 
 
Komisioner KPUD MH Fathur Rahman saat dihubungi Selasa (18/10/2017) malam, menyebutkan hingga pukul 19.30 WIB, jumlah pendaftar yang sudah mengembalikan formulir ke kantor KPUD sejumlah 76 orang."Iya memang sampai Selasa malam baru sejumlah itu yang mengembalikan formulir," ujarnya.
 
Sementara lanjutnya, jumlah PPK yang dibutuhkan sejumlah 135 orang, sedangkan masyarakat yang sudah mengambil formulir pendafataran ke kantor lebih dari 100 orang."Yang ngambil formulir lebih dari 100 orang, dan yang mengembalikan baru 76 orang," terangnya.
 
Namun demikian ia menampik kalau rekrutmen PPK pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur  ini dikatakan sepi peminat, lantaran waktunya untuk pengembalian formulir juga masih relatif lama hingga 21 Oktober mendatang, belum lagi biasanya kecendrungan calon PPK mengembalikan formulir pada akhir-akhir masa pendaftaran lastminute."Tidak sepi mas, memang waktunya saja yang panjang,"elaknya.
 
Selain itu tambah Fathur, sebagian besar calon anggota PPK saat ini juga sedang mengejar keberuntungan pada rekrutmen calon anggota Panwascam, yang kabarnya sekitar dua hari lagi akan diumumkan.
 
"Sebagian memang pengambil formulir PPK itu juga ikut mendaftar di Panwaskab, untuk mengisi kuota panwascam, tapi kalau sudah diumumkan dan mereka yang gagal di panwascam biasanya ikut mendaftar ke KPUD untuk menjadi calon PPK," akunya.
 
Dan dua hari kedepan lanjutnya, yang mengembalikan formulir ke Kantor KPUD jelas akan lebih banyak. Apalagi kalau mengacu pada pendaftaran calon PPK pada pilkada sebelumnya cukup besar, bisa dua kali lipat dari kebutuhan."Kalau kebutuhannya 135 orang, ya biasanya yang mendaftar sampai 270 an, ya ini tinggal nunggu moment saja," ungkapnya.
 
Sehingga ia sangat optimis kebutuhan calon anggota PPK yang setiap kecamatanya akan terpenuhi, dan pada tes wawancara setiap kecamatan akan diambil 10 orang, dan selanjutnya akan menyisahkan 6 orang, tiga ditetapkan dan tiga lainnya untuk cadangan.
 
Setelah pengembalian formulir terakhir pada 21 Oktober, selanjutnya kata Fathur, seleksi administrasi dilakukan pada 22-24 Oktober mendatang, dan pada 25 Oktober akan dilakukan pengumuman seleksi administrasi, serta dilanjutkan pada seleksi tes tulis pada 27 Oktober mendatang. jir



Komentar Anda