Eco Preneur Ala Semacam Tumbler

 

Fauzi, owner Semacam Tumbler (kiri), bersama salah satu pembeli.


SURABAYAPAGI.com-Surabaya, Pola hidup sehat kini mulai digandrungi oleh sebagian masyarakat. Sementara itu, isu lingkungan hidup yang sedang berkembang sekarang ini adalah penambahan volume sampah paling besar disumbang oleh plastik kemasan dan botol sekali pakai atau yang lebih dikenal dengan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).

Melihat fenomena tersebut, Fauzi Firzatullah melakukan wirausaha berbasis lingkungan hidup atau eco preneur dengan menjual botol ramah lingkungan yang kekinian dengan merek My Bottle. Ia membuka usaha bukan semata-mata untuk mendapatkan keuntungan, tapi juga untuk berpartisipasi dalam penyelamatan lingkungan hidup. 

Laki-laki yang baru lulus dari bangku SMK itu memberi label jualannya Semacam Tumbler. Nama tersebut dipilih lantaran ia ingin membuat kesan yang dinamis dan santai di mata pembelinya. Media promosi yang digunakannya adalah poster yang disebar melalui Instagram: @semacamtumbler.

“Hal tersebut dilakukan untuk menekan dana promosi. Meskipun begitu, pangsa pasar kami  lebih banyak ke arah guru-guru dan siswa kader lingkungan hidup,” ujarnya, Jumat (13/10)

Ia memilih My Bottle sebagai produk wirausahanya lantaran botol unik tersebut merupakan botol infuse water tritan new generation dengan spesifikasi volume 500 ml, tinggi 19.5, diameter 6.5, dan yang paling penting menggunakan bahan BPA free (polycarbonate) sehingga ramah lingkungan dan aman digunakan untuk berbagai minuman baik panas maupun dingin dengan temperatur -40 – 100 °C.

“Wirausaha ini bukan tidak mengalami kendala yang berarti, persaingan harga dengan kompetitor yang biasanya lebih murah menjadi faktor utama penghambatnya dalam meningkatkan keuntungan,” terangnya.

Berkaitan dengan itu, yang dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan prima seperti merespon dengan cepat segala pertanyaan pembeli dan membuat berbagai promo hari-hari peringatan tertentu seperti, gratis pengiriman se-Jawa Timur atau diskon harga dengan minimal pembelian dengan jumlah yang telah ia tentukan.riz



Komentar Anda



Berita Terkait