Awas! Jangan Terlambat Kenali Gejala-Gejala Awal Kanker Payudara

 

Periksa Gejala Awal Kanker Payudara


SURABAYAPAGI.com-Jakarta, Penyakit kanker payudara sudah banyak memakan korban. Terlambat mengetahui mengakibatkan kematian yang datang dengan cepat. Pendekteksian kanker payudara harus dilakukan sejak munculnya gejala-gejala awal.

 

Munculnya benjolan di payudara sering dianggap sebagai gejala umum dari penyakit kanker payudara. Sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com pun mengamini hal tersebut.

"Para ahli kesehatan menemukan bahwa 15% wanita penderita kanker payudara tak merasakan benjolan di payudaranya hingga lebih dari 3 bulan sejak awal sel kanker bertumbuh. Sehingga diagnosa yang terlambat pun sangat mungkin terjadi," ungkap penelitian ini.

Karena hal inilah kamu pun wajib mengetahui gejala kanker payudara lainnya yang tak terlihat seperti penjelasan di bawah ini.

Perubahan ukuran payudara
Terkadang, bila kamu menderita kanker payudara, maka ukuran antara 1 payudara dengan yang lainnya akan tumbuh lebih besar. Oleh karena itu kamu wajib peka dengan perubahan ukuran payudara yang mendadak. 

Nyeri payudara
Rasa sakit ini akan muncul saat benjolan tak terlihat mulai menekan saraf terdekat. Maka, dari situlah muncul rasa nyeri payudara.

Kemerahan atau ruam
Jika kamu mendapati payudaramu ruam atau berwarna kemerahan secara misterius, maka bisa jadi itu adalah tanda awal dari kanker payudara.

Keluarnya cairan dari puting
Keluarnya cairan dari puting tanpa meremas sebelumnya patut untuk kamu curigai. Sebab ini adalah tanda tak nampak dari kanker payudara.

Bengkak di ketiak dan tulang selangka
Jaringan payudara juga berada di bawah ketiak sampai tulang selangka. Sehingga kanker payudara bianysa menyebabkan pembengkakan di area tersebut.

Perubahan tekstur kulit
Dari munculnya kerutan hingga cekungan di kulit payudara, perubahan tekstur kulit ini wajib untuk kamu waspadai.

Puting terbalik
Normalnya, puting susu akan bertumbuh ke luar. Namun jika puting susumu seperti masuk ke dalam, maka ini adalah tanda peringatan dini dari kanker payudara.

Rasa sakit konstan yang tak kunjung hilang
Rasa sakit atau nyeri payudara yang muncul secara konstan dan tak kunjung hilang wajib untuk kamu waspadai. Sebab ini adalah tanda awal kanker payudara.

Penebalan kulit payudara dan puting
Salah satu gejala lainnya yang tak terlihat dari kanker payudara adalah penebalan di kulit payudara atau puting. 

Kelembutan puting
Tekstur puting yang terlalu lembut pun bisa menjadi tanda kanker payudara menyerang secara dini. iy/mdk




Komentar Anda