Serangan Militan Al-Qaeda Tewaskan Tiga Tentara AS di Nigeria

 

Meninggalnya tiga tentara AS akibat serangan militan Al-Qaeda


SURABAYAPAGI.com, Nigeria- Tiga tentara Angkatan Darat Amerika Serikat tewas, sementara dua lainnya mengalami luka-luka usai diserang oleh militan yang diduga kuat merupakan Al-Qaeda di bagian barat daya Nigeria.

Komando Latihan Gabungan AS-Afrika mengatakan bahwa pasukan tersebut sedang menjalankan patroli gabungan di sebelah utara Niamey, dekat perbatasan Mali, ketika mereka dibombardir oleh militan dengan tembakan. Menurut sumber diplomatik Nigeria, penyerang itu diduga kuat berasal dari Mali.

Tentara yang menjadi korban merupakan gabungan dalam misi Angkatan Darat AS yang ditugaskan untuk memberikan bantuan pelatihan dan keamanan kepada Angkatan Bersenjata Nigeria dalam upaya melawan kekerasan eksremis. Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari laman Telegraph, Kamis (5/10),

Sementara itu, pejabat daerah Tillaberi di Nigeria, Namatta Abubacar, mengungkapkan bahwa korban tewas bukan hanya tentara AS, melainkan juga lima tentara Nigeria.

Seperti diketahui, semakin meningkatnya serangan kelompok jihad dari pemberontak regional yang berafiliasi dengan teroris internasional di wilayah Nigeria membuat negara tersebut mendapat dukungan dari pasukan Negara Barat untuk memperkuat pasukan militer mereka.

"Kelompok militan ini terbukti sangat tangguh. Mereka memanfaatkan penduduk lokal dan membaur dengan masyarakat dengan mudah sehingga seringkali lolos saat akan ditangkap," ujar Wakil Presiden di Pusat Afrika Dewan Atlantik di Washington, J Peter Pham. hm



Komentar Anda