Kreatifood 2017, Dari Mantapnya Soto Ke Nikmatnya Kopi Indonesia

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) kembali menggelar Kreatifood

 

SURABAYAPAGI.com, Jakarta— Kreatifood merupakan ajang akbar yang digelar guna mendukung industri kuliner Indonesia. Menurut Deputi Pengembangan Pasar Dalam Negeri Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), Sappe Sirait mengatakan, kuliner Nusantara kini telah bertransformasi menjadi salah satu industru kreatif pariwisata.

Tahun ini, BEKRAF kembali menggelar Kreatifood. Festival kuliner akan diadakan di dua tempat, yaitu Palembang dan Makassar bekerjasama dengan Ikatan Praktisi Kulner Indonesia (IPKI).

"Kratifood yang digelar kali ke dua ini memilih di dua tempat, yaitu Palembang, Sumatera Selatan, pada 22-27 Agustus 2017, dan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, 2-10 November 2017," katanya pada Sportourism di Metro Caffe, Jakarta Pusat, Senin, (14/08).

Sappe juga mengatakan, Kreatifood di Palembang digelar dalam rangkaian kegiatan Sriwijaya Festival. Kegiatan ini merupakan festival seni dan budaya yang diadakan setiap tahunnya. Kreatifood Palembang lebih menonjolkan kopi Indonesia, yang diberi tema 'Kopi Kita Kopi Giling Lokal' (Koling Lokal).

Sedangkan Kreatifood di Makassar, mengangkat soto sebagai kuliner yang mulai dipopulerkan pada dunia setelah nasi goreng dan rendang. Tema yang diambil adalah 'Unity in Diversoto'. Selain itu, hadir kegiatan acara lainnya, seperti fashion, foods, fiction writers, fine arts, folks, fusion music, flora and fauna, dan film.

Wakil Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI) juga mengatakan, di Kreatifood 2017 akan menghadirkan komunitas-komunitas pecinta kopi. Serta, pelatihan masak hingga workshop untuk para barista agar dapat menyajikan secara tepat hingga mengenal jenis-jenis kopi khas Indonesia.

"Indonesia jadi penghasil kopi terbaik ke tiga di dunia. Tapi, sayangnya masyarakat malah lebih suka kopi-kopi dai luar negeri. Padahal kopi daru luar itu awalnya dari kita (Indonesia). Soto pun menjadi salah satu makanan terlezat di Indonesia, jenisnya pun beragam. Masing-masing daerah pasti punya soto," ujarnya.(Mei)



Komentar Anda



Berita Terkait