Stadion Barombong Mendapat Suntikan Dana Besar

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, meninjau pembangunan Stadion Barombong yang sudah menghabiskan anggaran ratusan miliar.

 

SURABAYAPAGI.com, Makassar – Pemprov Sulawesi Selatan kembali melanjutkan pembangunan Stadion Barombong dengan mengucurkan dana Rp 95 Miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 untuk pembangunan tribun bagian timur.

Kepala Bidang Perencanaan Prestasi Olahraga Dinas kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan, Muhlis Mallajareng, menerangkan anggaran dana pembangunan Stadion Barombong saat ditemui disela kunjungan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo.

"Awalnya pembangunan stadion anggarannya dikucurkan dari APBN tahun 2011 sebesar Rp. 14,5 miliar. Selanjutnya tahun 2012 dapat lagi sebesar Rp. 10,5 miliar," ujar Muhlis.

Tahun 2013, anggaran APBN dari pemerintah pusat sempat terhenti dan ditutupi oleh APBD sebesar Rp3 miliar. Tahun 2014, APBN untuk Stadion Barombong kembali mengucur sebesar Rp.17, 3 miliar disokong dengan APBD sebesar Rp. 20 miliar dan akhirnya anggaran APBN berhenti total. Dengan demikian, anggaran APBN yang diterima stadion Barombong berjumlah Rp. 42,3 miliar.

Menutupi kekurangan anggaran, pemerintah provinsi kembali menganggarkan APBD tahun 2015 sebesar Rp. 25 miliar untuk stadion tersebut. Tahun 2016 sebesar Rp. 17 miliar dan tahun 2017 kembali dikucurkan Rp. 95 miliar. Dengan demikian, total APBD yang dianggarkan pemprov untuk pembangunan Stadion Barombong selama 5 tahun sebesar Rp. 160 miliar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, juga menjelaskan bahwa dirinya juga akan mempercepat hadirnya perjanjian kerjasama (PKS) antara Pemprov Sulsel dan PT Gowa Makassar Tourism Development  (GMTD)  mengenai kepemilikan Stadion Barombong itu.

"Perjanjian kerja sama coba kita proses. Menurut saya, ini lahan Pemprov kebetulan ada yang sudah menjualnya. Dan itu kesulitan yang saya hadapi, sama di CPI. Ini sulit karena kadang mereka memiliki sertifikat dan diback-up sama yang lain. Apalagi diakhir-akhir masa jabatan saya," ujarnya.(Riz)



Komentar Anda