Suara Retno pada Pertemuan OKI di Istanbul

 

SURABAYA PAGI.com-Jakarta-Indonesia dan negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan mengadakan pertemuan untuk mendorong penerapan international protection di Masjid Al Aqsa yang akan  diselenggarakan di Istanbul, Turki, pada 1 Agustus 2017.

Rencana penerapan international protection di Masjid Al Aqsa merupakan salah satu upaya menjamin perlindungan warga muslim Palestina yang menjadi jemaah di tempat beribadah umat Islam di Kota Lama Yerusalem.

Pertemuan ini digelar antara lain atas usulan Indonesia dan beberapa negara, terutama negara anggota Executive Committee. 

Dalam forum itu, Retno sebagai wakil dari Indonesia menyerukan dukungan untuk Palestina terkait dengan krisis di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Retno menekankan perlunya negara-negara anggota OKI berbagai forum, termasuk Dewan Keamanan PBB agar memberikan tekanan kepada Israel supaya mengubah kebijakan kekerasan yang diterapkan di Palestina dan menyeru kepada Israel untuk mematuhi semua resolusi PBB terkait dengan Palestina. Retno menegaskan betapa penting digulirkannya perundingan perdamaian berdasarkan prinsip two state solution.

Pada pertemuan di Istanbul, dalam  Pertemuan tersebut menghasilkan Final Communique, yang memuat berbagai masukan Indonesia.

(MFN)



Komentar Anda