Sopir Bus dan Truk Dites Urine

 

Sopir bus dan truk jalani tes urine di Terminal Bunder. (Ft. MIS/SP)


SURABAYAPAGI.com, Gresik - Setiap sopir bus maupun truk angkutan umum yang melintas di terminal Bunder, Gresik, Jawa Timur, diperiksa urinenya oleh Satlantas Polres Gresik dalam operasi Patuh Semeru 2017, Jumat (19/5).

Setiap sopir bus itu diperiksa urinenya, hanya dalam hitungan menit hasil tes tersebut diketahui positif atau negatif menggunakan zat narkoba. Hingga selesai razia dan tes urine tersebut, ternyata hasilnya, semuanya negatif atau nihil.

"Mereka (sopir) yang kita tes urine hasilnya negatif," kata dokter klinik Polres Gresik yang melakukan tes urine sopir disela operasi patuh Semeru 2017, dr Thomas Putra Ashar didampingi Aiptu Sudioto, Jumat (19/5).

Sementara itu, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Gresik Iptu Agus SY mengatakan, tes urine itu untuk memastikan para sopir yang membawa penumpang itu dalam keadaan sehat dan tidak mengonsumsi narkoba. Begitu juga sopir angkutan truk.

Ini penting dilakukan, sebab sopir bus itu membawa banyak penumpang, sehingga para sopir harus benar-benar sehat dan penumpang aman hingga tiba di tujuan.

"Kita utamakan keselamatan penumpang. Makanya di operasi patuh Semeru 2017 ini disertai tes urine para sopir," jelas Iptu Agus.

Sementara itu, tes sejumlah sopir bus dan truk menyambut baik dengan adanya tes urine ini. Sebab mereka juga prihatin jika terjadi laka lantas hingga memakan korban hanya gara-gara zat narkotika. Mis



Komentar Anda