4 Fakta Unik Kepiting Yang Jarang Diketahui

 

Kepiting


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sebagai negara maritim dengan hasil ikan yang melimpah, seafood merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

Beranekaragam jenis seafood mulai dari lobster, abalone, hingga kepiting, telah menembus dan menjadi primadona di pasar Internasional. Bahkan Indonesia menempati lima besar eksportir seafood di Amerika Serikat.

Salah satu seafood favorit adalah kepiting. Hewan bercangkak keras itu banyak diburu penggila seafood karena rasanya yang lezat. Namun dibalik kelezatan kepiting, tidak banyak yang mengetahui bahwa kepiting memiliki keunikan tersendiri.

Nirmalasari Ida Wijaya, peneliti kepiting dari Universitas Hang Tuah mengungkapkan beberapa fakta unik mengenai kepiting.

Pertama, kepiting merupakan hewan kanibal. Jika berada dalam satu tempat yang berdekatan, kepiting akan saling memangsa, bahkan pada anaknya sendiri. Nirmalasari mengungkapkan, untuk mengembangbiakkan kepiting harus dilakukan secara intens.

"Sistemnya baterai sel. Jadi satu kepiting ditaruh sendiri dalam satu box," tutur wanita berjilbab itu.

Kedua, kepiting bakau bisa berganti kulit atau molting hingga 60 kali selama hidupnya. "Cangkang ibaratnya baju, kalau bobot nambah cangkangnya bisa tidak muat. Untuk itu kepiting akan melepaskan cangkangnya pelan-pelan, atau biasa disebut molting," tambahnya.

Dalam proses molting, cangkang kepiting yang keras akan berubah jadi lunak. Kepiting yang molting biasanya disebut sebagai kepiting soka, salah satu jenis kepiting dengan harga mencapai Rp.120.000,-/Kg. Proses molting pada kepiting terjadi karena dua hal, karena bertambah bobot dan stress.

Fakta selanjutnya, kepiting adalah salah satu hewan autotomi. Hewan berkaki sepuluh itu bisa melepaskan salah satu kakinya ketika merasa terancam. Meskipun kehilangan kakinya, ia masih bisa tetap bertahan hidup.

Dan fakta terakhir, kepiting betina bisa 4-5 kali bertelur tanpa kawin. Saat pertama kawin, kepiting betina akan menyimpan sperma kepiting jantan dan menggunakannya lagi pada musim kawin berikutnya. "Kepiting itu kalau kawin ribet. Karena dia keras. Makanya cukup sekali, spermanya bisa dipakai berkali-kali," ungkapnya.kik



Komentar Anda



Berita Terkait