POSSI Jatim Seleksi Atlet Kejurnas Lewat Kejurda

 

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kejuaraan Daerah (Kejurda) Selam Jawa Timur kembali digelar pada 28-30 April 2017 di kolam renang Olympic Saygon Pasuruan. Kejurda yang akan diikuti sekitar 350 atlet dari 18 kota/kabupaten di Jawa Timur tersebut nantinya selain memperebutkan Piala Bupati Pasuruan juga akan digunakan sebagai seleksi atlet yang akan dikirim ke Kejurnas Selam yang bakal dihelat pada tanggal 20-21 Mei 2017 di Jawa Barat.

Juara satu Kejurda dari nomor-nomor yang dipertandingkan tersebut akan diambil satu pada setiap kelompok umur untuk mewakili Jawa Timur. Sedangkan untuk juara dua masih akan dibicarakan lebih lanjut oleh Pengprov Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Jawa Timur, mengingat satu Pengprov diperbolehkan mengirimkan dua atlet di tiap nomor.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) POSSI Jatim, Mierza Mutaqien. "Kejurnas nanti akan menggunakan sistem kelompok umur, yang baru tahun ini dilakukan. Di Kejurda kita sudah melakukannya (berdasarkan kelompok umur). Jadi nanti apabila PON dibatasi usianya, maka kita sudah punya lapis usia yang akan dikirimkan. Selain itu sistem ini juga untuk pembibitan mana saja atlet yang berpotensi. Karena semakin banyak, nanti akan semakin terukur potensinya. Nanti untuk yang dikirim ke Kejurnas adalah atlet yang juara satu, sedangkan untuk juara dua masih kita bicarakan," terang Mierza saat ditemui Surabayapagi.com pada Kamis (20/5).

Selain sistem kelompok umur, aturan yang baru dalam Kejurnas Selam 2017 tersebut adalah penggunaan Nomor Induk Atlet Selam (NIAS). NIAS sendiri sudah diterapkan POSSI Jawa Timur selama 3 tahun. Penggunaan NIAS tersebut adalah untuk database atlet, agar terdata jelas mengenai informasi atlet seperti asal daerah, usia, klub, dan provinsi.

Disinggung mengenai target, Mierza mengungkapkan bahwa target POSSI Jatim pada Kejurnas kali ini adalah menyabet juara umum. "Kejurnas lalu, kita diposisi runner-up dibawah DKI Jakarta. Tapi tahun ini kita targetkan untuk juara umum," jelas Mierza.



Komentar Anda



Berita Terkait