Lebih Mantap Berwirausaha

 

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Keinginan lelaki berusia 34 tahun ini sangat kuat. Ia lebih memilih memantapkan wirausaha dibanding kerja ikut perusahaan.

Budiman telah bersusah payah dan berjibaku dengan pekerjaannya selama 9 tahun sebagai Marketing di perusahaan otomotif besar. Namun demikian ia berfikir seluruh usaha dan jerih payahnya tidak akan ia terima di masa mendatang.

"Jika saya terus bekerja ikut orang. Yang bertambah kaya bukan saya. Yang menikmati hasil akhirnya juga tentu bukan saya. Ketika saya keluar kerja. Customer yang saya usahakan akan jadi milik Perusahaan," ungkapnya.

Selama Budiman masih bekerja ia sempat mendirikan usaha sembari bekerja namun sayangnya usahanya tersebut tak berjalan dengan mulus. "Tahun 2000 an saya mempunyai usaha bimbingan belajar dan tutup pada tahun 2013 lalu. Padahal pada masa emasnya saya punya banyak murid," terangnya.

Kondisi dan sistem pendidikan yang berubah menjadi masalah yang diungkapkan Budiman. " Beberapa tahun ini bimbingan belajar manapun mengalami kemunduran dalam jumlah murid. Hal tersebut dikarenakan saat ini banyak Sekolah yang telah menerapkan Sekolah Full Day. Sekolah menawarkan les privat tersendiri," ungkapnya.

Tahun 2011 pun Budiman pernah menggeluti usaha travel agen namun sayangnya modal yang sangat besar menjadi kendala. "Banyak customer travel saya yang menunda pembayaran. Pernah suatu kali saya harus mengeluarkan uang hingga 30-40 juta per hari. Tentu saja ini sangat berat bagi saya," terangnya.

Fokus antara pekerjaan dan usaha membuat Budiman tidak dapat menjalankan usahanya dengan baik. Saat ini Budiman tengah mengelola usaha baru di bidang kuliner.

"Saya belajar banyak, utamanya resep-resepnya dari internet. Saya juga belajar dari dari kursus namun sayangnya sedikit yang saya pelajari lantaran kursus menawarkan hal yang sedikit berbeda. Saya juga banyak membuat hal yang berbeda dengan membuat mie sendiri kemudian bumbu spesial yang tidak ada di tempat lain. Saat ini, saya tengah membuat 1 gerobak mie didorong dan rencananya 5 dalam satu tahun ini agar saya dapat terus berkembang," adk



Komentar Anda



Berita Terkait