Berani Berinovasi

 

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Berani berinovasi. Ya, itulah yang ada di dalam diri Astrid Herawati. Dia merupakan generasi ketiga pengelola Restaurant masakan Cina yakni Depot Restu.

Pada generasinya, restoran yang telah berdiri kurang lebih hampir 30 tahun lalu ini harus pindah dari tempat memulainya lantaran berbagai hal. Namun demikian, memindahkan tempat lama ke tempat usaha yang baru bukanlah hal mudah.

Selain tempat yang pindah pelanggan-pelanggan lama bahkan yang telah menikmati Kuliner Keluarga Astrid sejak belasan atau puluhan tahun dapat hilang lantaran tempat kuliner mereka harus pindah.

Selain itu, Astrid dan Keluarga harus menyesuaikan masakan dengan kondisi tempat baru mereka. "Di tempat lama kami banyak menyajikan masakan untuk non Muslim. Sekarang, kami harus mengubah jadi masakan halal untuk semua kalangan baik muslim maupun non muslim," terang wanita 31 tahun ini.

Awalnya usaha kuliner Keluarganya didirikan oleh Kakeknya. "Karena kami keluarga yang suka masak, bisa masak dan suka makan. Kakek saya mendirikan usaha ini dan berjalan lebih dari 30 tahun,".

Pada Generasi selanjutnya yaitu orang tua Astrid pengembangan usaha dilakukan yakni mengelola catering. "Kalau Kakek itu mengelola Restorannya pakai cara tradisional. Ketika orang tua dan saya mulai mengelola barulah ada inovasi dan perkembangan. Bahkan dulu, untuk kursinya saja kursi biasa," tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Astrid, menu pada usahanya yang barupun tergolong banyak pengembangan misalnya. Kakap telor asin, nasi goreng uwakeh. "Untuk nasi goreng uwakeh kami sesuaikan dengan tempat ini yang berada dekat dengan kampus. Karena Anak kuliahan suka makan bareng temen maka kita buatin menu yang sesuai untuk Anak kuliahan," jelas Astrid. adk



Komentar Anda