Pilkada 2018, PDI-P Target Menang di 13 Wilayah

 

Next

SURABAYAPAGI.com, Surabaya Tahun 2018 nanti, Jawa Timur mengadakan pilkada serentak di 18 kab/kota serta Pilgub Jatim. Dari jumlah pilkada tersebut, DPD PDI Perjuangan Jatim menargetkan menang paling sedikit di 13 wilayah kabupaten/kota.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi mengatakan, target ini bukan tanpa alasan. Tapi dilandasi perolehan Pilkada serentak tahun 2015 lalu. Saat itu partai berlambang banteng moncong putih ini menang di 13 wilayah dari 19 pilkada serentak.

"Pilkada serentak tahun 2018 di Jatim diikuti 18 kabupaten/kota dan satu provinsi (Pilgub). DPP memang menargetkan 10 kemenangan, tapi kami (DPD PDI Perjuangan Jatim) menargetkan 13 kemenangan," ujar Kusnadi, kemarin (20/3).

Ia optimistis target tersebut akan terealisasi karena calon yang akan diusung PDI Perjuangan di Pilkada serentak mendapat dukungan masyarakat karena proses penjaringannya dilakukan secara terbuka dan melalui survei. Calon yang direkomendasi DPP tentu yang memiliki peluang paling besar menang dan bisa satu azas dengan PDI Perjuangan, sehingga tak harus dari internal kader," dalih Kusnadi.

Kusnadi mencontohkan, dalam persiapan Pilgub Jatim 2018, DPD PDI Perjuangan juga melakukan survei terhadap 17 nama baik dari internal maupun eksternal partai yang dinilai memiliki peluang maju dan menang. Diantaranya, Tri Rismaharini, Abdullah Azwar Anas, Budi Sulistyo, Edi Rumpoko, Bambang DH, Kusnadi, Sri Untari, Said Abdullah, serta Pramono Anung.

Next

Sedangkan dari eksternal, kata Kusnadi, ada nama Gus Ipul, Khofifah Indar Parawansa dan Abdul Halim Iskandar.

"Setelah dilakukan survei awal, DPD PDI Perjuangan juga akan membuka pendaftaran calon secara terbuka. Sesuai SK 01 DPP PDI Perjuangan, untuk Pilgub pendaftaran dibuka setahun jelang pelaksanaan dan untuk Pilkada 8 bulan jelang hari H pencoblosan," tegas pria yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim Sri Untari mengatakan, bakal calon yang mendaftar nantinya diwajibkan mengikuti fit and proper test dan tes psikologi. Setelah direkomendasi DPP PDI Perjuangan, calon-calon yang akan maju Pilkada diwajibkan mengikuti sekolah partai.

"Bakal calon yang diusulkan ke DPP minimal dua nama pasangan atau sendiri-sendiri untuk dipilih dan diberikan rekomendasi maju lewat PDI Perjuangan," ungkap Sri Untari.

Setelah calon mendapatkan rekomendasi, DPD PDI Perjuangan Jatim juga akan menggelar Rakerdasus ke seluruh cabang yang ada di Jatim.

Next

"Rakerdasus ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan sebelum rekomendasi turun. Jadi Rakerdasus nanti sifatnya hanya sosialisasi calon PDI Perjuangan yang direkom DPP," pungkasnya. rko

Next



Komentar Anda



Berita Terkait