menu.jpg
 
Penyimpangan Raskin

Gresik (Surabaya Pagi) - Program raskin tahun 2013 di kabupaten Gresik selama bulan Januari-Maret masih banyak penyimpangan dan menyalahi pedoman umum pelaksanaan raskin, data investigasi yang dilakukan Pusat Demokrasi dan Kemanusiaan (PuDaK) ke masyarakat penerima raskin menemukan permasalahan-permasalahan terkait program raskin.

Diantaranya adalah :
1. Seharusnya per KK menerima 15kg tapi kenyataannya per KK menerima kurang dari 15kg.
2. Harga jual resmi bersubsidi adalah Rp.1.600,-/kg, tapi kenyataan dilapangan masih dijual kepada RTS-PM (rumah tangga sasaran penerima manfaat) raskin masih diatas ber varian Rp.1.700,-/kg hingga Rp.2.500,-/kg.
3. Pembayaran raskin tidak tepat waktu, kenyataan dilapangan masyarakat membayar langsung berarti tidak ada alasan pembayaran tidak tepat waktu.
4. Kualitas beras raskin jelek, yg harusnya standart kwalitas (kadar air 15%, broken 20%, menir 2,5%, drajat sosoh/keputihan 90%)
5. Data tiap Desa jumlah RTS-PM raskin tidak sama dengan data penerima raskin, ini menunjukkan Bulog tidak serius terutama Korlap Gresik.
6. Ditemukan oleh Tim PuDaK, selama 3 bulan ini (Januari-Maret) raskin di kabupaten Gresik Karungnya tidak berstempel UD atau CV yang memasok beras ke Bulog, kami menduga bahwa beras raskin yang ada di Gresik selama ini adalah bersa impor dari luar negeri yang ini jelas dilarang masuk ke Jawa Timur (SK. Gubernur Jatim Nomor: 513/4687/021/2011), ini menunjukkan bahwa Bulog subdrive Surabaya Utara yang membawahi wilayah Gresik telah melanggar Pedoman Umum Raskin dan SK. Gubernur Jatim tentang pelarangan beras impor untuk raskin.

Dari permasalah yang terkait dengan program raskin di Kabupaten Gresik kami menuntut:
1. Menuntut Kasub Bulog drive Surabaya Utara dan Korlap Raskin Gresik dipecat dan diproses secara hukum karena melanggar hukum. Karena tidak serius dan tidak becus mengurusi raskin di Kabupaten Gresik
2. Menata ulang data RTS-PM Raskin Kabupaten Gresik yang memang berhak menerima Program Raskin.
3. Memberbaiki kualitas beras dan perangkat kerja Raskin untuk Kabupaten Gresik.


Berita lainnya
Dewan Tuding Pemkot Boros Anggaran...
KPK Kembali Periksa Kasus Suap Imp...
Bupati Bogor Terlibat Kasus Suap
Sering Disebut – Sebut, KPK Dimi...
LHI Seret Orang Dalam Istana
Luthfi : Ada Yang Buat Saya Heran
Selain Dihukum, Pengadilan Sita Da...
Fathanah Siap Jawab Pertanyaan
Luthfi Hasan Ishaaq Jalani Sidang ...
Kades Glagah Arum Mangkir Dari Pan...
Setiap Kasek diwajibkan membayar R...
Korupsi Mantan Kades Ketegan Di Tu...
Terkait Dugaan Suap, Yuniati Undar...
Biar Kapok Koruptor Juga Harus Dip...
Rusli Zainal Diperiksa KPK Sebagai...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  77