menu.jpg
 
Koalisi Golkar-PKB Mulai Terbuka

SURABAYA (Surabaya Pagi) – Peluang koalisi antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan dengan Partai Golkar mulai disusun. Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jatim Gatot Sudjito mengatakan peluang tersebut sangat terbuka.

Ketua Umum Muhaimin Iskandar sudah melakukan pertemuan dengan Aburizal Bakrie beberapa hari lalu. Wakil Sekjen DPP PKB Daniel Johan tidak membantah adanya pertemuan tersebut. “Iya sudah ada pertemuan (Muhaimin Iskander dengan Aburizal Bakrie) tapi belum final,” katanya, kemarin.

Daniel menyebutkan bahwa dalam pertemuan Aburizal Bakrie yang sering disebut dengan ARB mengajukan beberapa nama kader Golkar untuk disandingkan dengan Khofifah Indar Prawansa. Meski demikian, dalam pertemuan tersebut belum membuahkan hasil. Bahkan seperti yang telah diberitakan, Golkar telah menyiapkan Ridwan Hisjam untuk menjadi calon wakil Gubernur mendampingi Khofifah Indar Parawansa.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie juga sudah sempat mengatakan soal peluang tersebut. “Kalau Ketua Umum sudah mengatakan seperti itu, maka ya itu lah keputusannya. Semua keputusan tentang Pilgub itukan ada di DPP,” katanya di Kantor DPRD Jatim kemarin.

Dia menjelaskan bahwa sampai saat ini Partai Golkar belum menentukan sikap pasti. Sebab yang berkewenangan mengambil keputusan adalah dari DPP, sementara DPD Partai Golkar Jatim hanya sebatas memberikan usulan, termasuk usulan kader yang dijagokan untuk mendapatkan rekomendasi DPP.

Sementara itu, Sabron Djamil Pasaribu yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jatim mengatakan peluang koalisi Golkar masih terbuka luas untuk partai lain termasuk PKB. Dia juga tidak membantah tentang munculnya nama Ridwan Hisjam sebagai bakal calon wakil gubernur Jatim yang kemungkinan akan mendampingi Khofifah Indar Parawansa. Tentunya pasangan itu bakal terwujud ketika terjadi koalisi
PKB dengan Golkar.

Sabron yang juga ketua Komisi A DPRD Jatim ini mengatakan nama Ridwan Hisjam memang menjadi salah satu nama yang diusulkan Partai Golkar untuk menjadi calon wakil gubernur. Munculnya nama Ridwan ini seiring dengan enam nama lainnya termasuk Sabron sesuai dengan keputusan Rakerda di Hotel Utami beberapa waktu lalu.

Tak hany itu saja, nama Ridwan Hisjam juga dikabarkan menjadi salah satu kandidat calon wakil gubernur dari pihal Khofifah Indar Parawansa. Sayangnya sampai saat ini siapa nama yang muncul sebagai calon wakil gubernur untuk mendampingi Ketua Umum PP Muslimat NU ini masih misterius. Pasalnya enam nama yang dijagokan itu masih dalam tahap proses seleksi tim senior Khofifah.

Terpisah, Sekretaris DPW PKB Jatim Thoriqul Haq tetap mengaku belum tahu adanya rencana koalisi tersebut. Dia mengatakan sampai saat ini belum ada pembicaraan serius antara kedua partai. “Saya belum tahu, itu kan kewenangan dari DPP untuk mengambil keputusan,” katanya.

Uniknya lagi, di internal PDIP juga beredar kabar bahwa PDIP telah mempersiapkan Pramono Anung untuk mendampingi Khofifah pada Pilgub mendatang. Jika Pramono bersanding dengan Khofifah, maka ada kemungkinan PDIP akan menjalin koalisi dengan PKB.
Namun kabar tersebut langsung ditepis Sekjen DPP PDIP Tjahjo Kumolo. Menurutnya sampai saat ini DPP PDIP belum mengeluarkan putusan terkait pilgub Jatim. Bahkan proses penjaringan dengan melakukan fit and proper test dan juga psycho test terhadap beberapa kader PDIP masih belum tuntas. “Masih belum (belum ada putusan masalah pilgub Jatim, termasuk pelaksanaan fit and proper test),” kata Tjahjo saat dikonfirmasi via ponselnya kemarin. rko

Berita lainnya
Dua Kubu Capres Rekonsiliasi Damai
Dzikir Akbar Dukung Rekap KPU
Coblosan Ulang di Desa Jagoan
Bangkalan dan Sampang Diseret ke D...
Buka Kotak Suara, Panwaslu Dipolis...
Bawaslu: TPS di Juanda adalah DPT ...
Jokowi Unggul di Probolinggo
Gara-gara Gantikan Istri, Pemilu d...
Tokoh Agama Surabaya Serukan Damai
Timses Jokowi Akui Kalah dari Prab...
Buruh Hongkong Tuntut Coblos Ulang
Tinggalkan LSI, Denni JA ke Brasil
KPU: Coblosan Ulang di Sejumlah Da...
Minta Tim Sukses Capres Gandeng T...
Bawaslu: Sulit untuk Penggelembung...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  71