menu.jpg
 
KarSa dilantik 12 Februari 2014

SURABAYA – Pascakeputusan Mahkamah Konstitusi (MK) No 117/PHPU.D-XI/2013 yang menolak keseluruhan gugatan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja, KPU Jatim langsung menyiapkan pelantikan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa). Menurut masa jabatan, KarSa akan dilantik pada 12 Februari 2014.

Untuk melancarkan proses pelantikan gubernur terpilih, KPU Jatim segera mengirim surat ke DPRD Jatim agar segera diterbitkan Surat Keputusan pengangkatan gubernur Periode 2014-2019. "Dalam waktu dekat ini, kami segera bertemu dengan DPRD Jatim untuk memproses penerbitan SK Gubernur Jatim mendatang," ujar Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Jatim, Agus Machfud Fauzi, Kamis (10/10).

Sebelum menemui para wakil rakyat, kelima anggota KPU Jatim masih akan menggelar pleno perihal tersebut. Hanya saja, sampai saat ini pihaknya belum memplenokan karena masih ada tugas dan melaksanakan tahapan Pemilihan Umum Legislatif 2014.

“Tapi segera mungkin kami pleno dan bertemu DPRD Jatim. Sekarang semua komisioner sedang ada tugas. Namun tidak perlu khawatir karena waktunya masih cukup," kata mantan anggota KPU Ponorogo tersebut.

Hal yang sama dikatakan Ketua KPU Jatim, Andry Dewanto Ahmad. Menurut dia, proses setelah penetapan gubernur terpilih oleh KPU maupun hasil di persidangan MK, yakni menemui DPRD Jatim. “Kami akan menyampaikan hasil ke pimpinan dewan. Berikutnya, dewan akan berkonsultasi dengan Biro Pemerintahan Provinsi Jawa Timur untuk ditindaklanjuti ke Kementerian Dalam Negeri,” katanya.

Di pemerintah pusat itulah, lanjut Andry Dewanto, pimpinan dewan dan Pemprov Jatim akan mendapat petunjuk tentang penerbitan SK Gubernur Jatim baru. “Penerbitan SK Gubernur Jatim memang melalui Kementerian Dalam Negeri. Selanjutnya, DPRD akan menyiapkan proses pelantikan yang akan digelar 12 Februari 2014,” kata mantan Ketua KPU Malang tersebut.

Sementara itu, usai keputusan MK yang menolak semua gugatan pemohon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja, Andry Dewanto meminta agar pihak yang tidak puas dengan keputusan itu bisa berbesar hati dan lapang dada karena hasilnya sudah final dan mengikat. KPU sendiri sudah menerbitkan keputusan No 233/KPU Prov-014/X/2013 tentang Penetapan Pasangan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih tahun 2013 kepada pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. Surat tersebut resmi ditandatangani Andry Dewanto Ahmad, Ketua KPU Jatim.

Andry sendiri mengajak pasangan Khofifah-Herman untuk legowo. “Kalau saya saran, ruang politik mengabdi untuk bangsa ini masih banyak dan luas, sehingga keputusan ini harus diterima dengan lapang dada. Mari mengutamakan kepentingan rakyat daripada kepentingan golongan," pungkas Andry. rko

Berita lainnya
KPU Segera Bahas Pilkada Serentak
Pendukung Prabowo Demo KPU
30 Kotak Suara Hilang
Buka Kotak Suara, KPU Jombang Dipr...
Lagi, KPU Gresik Buka Kotak Suara
KPUD Kediri Buka 89 Kotak Suara
KPUD Jombang Buka 135 Kotak Suara
Komisioner KPU Lumajang Juga Digug...
Mantan Bupati : Pilpres Sudah Usai
Dua Kubu Capres Rekonsiliasi Damai
Dzikir Akbar Dukung Rekap KPU
Coblosan Ulang di Desa Jagoan
Bangkalan dan Sampang Diseret ke D...
Buka Kotak Suara, Panwaslu Dipolis...
Bawaslu: TPS di Juanda adalah DPT ...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  86